Sangiran Diperkenalkan di Palembang

48
Pengunjung yang mengabadikan momen berfoto dengan salah satu Replika manusia Purba Sangiran

Palembang, SumselSatu.com

Untuk memperkenalkan Situs Purbakala Sangiran yakni, Manusia Purba Sangiran kepada masyarakat di Indonesia terutama di wilayah Sumatera.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik lndonesia melalui Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, mengadakan Museum Manusia Purba (BPSMP) yang berlangsung di 5 kota. Salah satunya di kota Palembang Provinsi Sumatera Utara (Sumsel) bertempat di OPI Mall, Palembang dari tanggal 15-19 November 2017.

Untuk diketahui, Situs Sangiran adalah salah satu situs prasejarah yang penting di Indonesia. Situs Sangiran merupakan peninggalan masa lalu terendapkan dalam tanah berusia jutaan tahun sllam.

“Bukti-bukti kehidupan masa lalu dari masa 2,4 juta tahun hingga 250.000 tahun ditemukan dalam kuantitas dan kualitas yang prima,” kata Kepala BMSMP Sukronedi saat ditemui, Kamis (16/11/2017).

Bahkan ia mengatakan, dunia pun telah mengakui potensi Situs Sangiran sebagai salah satu Warisan Dunia yang penting dalam hal ini UNESCO.

“Situs Sangiran ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs kunci untuk pemahaman evolusi manusia. UNESCO menilai bahwa Sangiran adalah salah satu situs kunci untuk pemahaman evolusi manusia,” katanya.

Ia juga menjelaskan pameran di lima Kota di Sumatera, BPSMP Sangiran menyiapkan berbagai koleksi yang siap memberikan pengetahuan dan informasi bagi masyarakat.

“Kekayaan Situs Manusia Purba Sangiran akan disajikan guna memberi pengetahuan dan informasi bagi masyarakat berupa kisah Sangiran di masa lalu,” jelasnya.

Sukro menambahkan bahwa Sangiran di masa lalu saat masih menjadi laut dalam, kehidupan rawa, kisah hutan tropis dan juga perubahan iklim yang melanda Sangiran, tersaji di koleksi yang telah disiapkan guna memberikan pengetahuan dan informasi bagi masyarakat Sumatera.

“Dengan temuan sekitar 80 individu sisa manusia purba jenis Homo erectus, Situs Sangiran menyumbang 50% populasi temuan Homo erectus dunia. Artefak sebagai budaya manusia tela menjadi bukti kecerdasan manusia purba dalam memanfaatakan alam,” jelasnya.

Sebelumnya road show Sangiran, sudah diselenggarakan di tiga Kota di Sumatera yakni Medan (18-22 Oktober 2017), Pekanbaru (1-5 November 2017), Jambi (8-12 November 2017), dan setelah di Palembang akan dilanjutkan di Kota  Bandar Lampung (22-26 November 2017). #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here