Senin, Disdik Sumsel Cairkan Dana Sekolah Gratis

167
Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo

Palembang, SumselSatu.com

Dana Program Sekolah Gratis (PSG) triwulan pertama tahun 2018 sebesar Rp 47,6 miliar lebih bakal segera cair dalam hitungan hari. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo.

Widodo mengaku, pihaknya telah menandatangani Surat Perintah Membayar (SPM) untuk pencairan dana PSG triwulan pertama tahun 2018. SPM yang telah ditandatangani ini, diserahkan pihak Disdik Provinsi Sumsel ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumsel.

“Saya sudah tandatangani, proses selanjutnya ada di pihak BPKAD Sumsel untuk mentransfer ke rekening sekolah,” ujar Widodo, Jumat (8/3/2018).

Widodo berharap, dana PSG akan cair pada Senin (12/3) dan bisa digunakan sekolah sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan dan sesuai dengan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) masing-masing.

“Sebelumnya sekolah sudah ada RKAS yang telah dibuat. Setelah dana PSG cair bisa digunakan sesuai RKAS yang telah disepakati sebelumnya,” ucapnya.

Ditambahkannya, selain dana PSG pada tahun 2018 pihaknya juga mengalokasikan anggaran dana untuk pendidikan diluar Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 239 miliar yang digunakan untuk gaji guru honorer yang lulus verifikasi dan mengatongi Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel.

“Ada sekitar 600 orang guru SMA dan SMK yang akan menerima gaji sebesar Rp1,8 juta setiap bulan,” paparnya.

Mengingat pentingnya dana tersebut bagi sekolah, Widodo berharap awal pekan depan dana PSG sudah diterima sekolah melalui rekening yang sudah terdaftar.

“Sementara bagi guru honorer yang belum lulus verifikasi akan dibayar oleh pihak sekolah berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) yang dihitung per jam. Pembayaran tersebut,  sudah sesuai dengan aturan dari program,” tukasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here