Setelah Diupgrade, Lorong Basah Tak Lagi Becek

150
Kondisi Pasar 16 kini
Palembang, SumselSatu.com
Lorong Basah Indah di kawasan 16 Ilir Palembang, sudah tak asing lagi bagi masyarakat Kota Palembang. Lorong ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan pakaian dengan ratusan pedagang menjajakan barang dagangannya.
Dulu, lorong ini terkenal kumuh dan becek, kini telah sudah terlihat rapi dan sejuk dengan sudah dipasangnya kanopi sebagai pelindung panas dan hujan, lantai yang dikeramik, setelah di-upgrade atau diperbaiki.
Pantauan wartawan media ini, ratusan pedagang kini lebih ramai di kunjungi masyarakat, di tambah lagi ada satu sisi di dalam lorong terdapat baliho Asian Games 2018 sebagai sosialisasi even besar seluruh Benua Asia.
Alwi (29), salah seorang pembeli menuturkan perubahan yang terjadi di pasar lorong basag sangat drastis. Dulu yang selalu becek dan panas karena jarak pedagang yang berhimpitan, sekarang terasa sejuk dan sangat leluasa.
“Sekarang sangat nyaman berbelanja disini, enak milih barang karena sudah teratur jarak antar pedagang, kalau dulu kan sempit mau milih baju harus berhimpitan dengan orang yang lewat”, ungkap Pria yang tinggal di kawasan Macan Lindungan ini.
Selain itu, kondisi ini berdampak pada omset para pedagang meningkat. Salah satu pedagang yakni Eko (37) mengatakan jika dirinya senang dengan  tempat dan suasana yang baru di Lorong Basah ini dan berdampak pada pendapatan penjualan dan berbeda pada sebelumnya.
“Alhamdulillah penghasilan per hari meningkat yang biasanya 300 ribu sekarang menjadi 500 ribu perhari sejak tempat ini diperbaiki,” pungkasnya.
Sementara untuk penyewaan lapak pedagang, bervariasi harganya tergantung besarnya lapak yang sewa.
“Biasanya untuk ukuran satu kali dua meter biaya yang dikenakan 8 juta pertahun. Kalau untuk harga sih tidak terlalu masalah soalnya tempat sudah bersih dan rapi,” tukas Eko. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here