Sumatera Selatan Provinsi Strategis untuk Pembangunan

65
Asisten Deputi Penyelenggaraan Kabinet Deputi Bidang Kerja Kabinet Sekretariat Kabinet, Sariyati Rohma. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Dalam hal pembangunan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata termasuk provinsi strategis dalam pandangan pemerintah pusat.

“Ini (Sumsel, red) provinsi strategis karena di sini ada LRT pertama di Indonesia, sebagai tuan rumah Asian Games. Jadi ini untuk meningkatkan sinergisitas antara pusat dan daerah,” ujar Asisten Deputi Penyelenggaraan Kabinet Deputi Bidang Kerja Kabinet Sekretariat Kabinet, Sariyati Rohma, pada pembukaan rapat koordinasi (rakor) peningkatan kualitas penyelenggaraan sidang kabinet digelar di Hotel The Zuri, Palembang,  Jumat (8/3/2019).

Karena dinilai strategis, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel pun sering dilibatkan dalam rapat terbatas (ratas) yang digelar pemerintah pusat. Dalam ratas, biasanya Presiden RI membuat arahan untuk pembangunan.

Menurut Sariyati, dari masa kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin sampai pada masa Herman Deru, Sumsel sudah 30 kali diundang ikut ratas.

“Di sini kita terus sinergikan. Kita ingin masukan dari daerah, terkait teknologi informasi sistem yang bisa diimplementasikan ke daerah,” ujar dia.

Dengan adanya teknologi informasi, lanjut Sariyati, pihak Sekretariat Kabinet bisa membagi informasi yang perlu dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. “Di sini kita mencari solusi untuk pemda dan nasional. Rakor ini berkesimbungan, setiap tahun,” tambahnya.

Rakor ini baru kali pertama dilaksanakan di Sumsel. Ke depan, rapat koordinasi akan dilaksanakan di Indonesia bagian tengah.

“Harapan saya Sumsel bisa menginspirasi daerah lain dan pembangunan di Sumsel bisa dirasakan daerah lain,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here