Targetkan 300 PAUD Terakreditasi B

53

Palembang, SumselSatu.com

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang menargetkan 300 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus sudah berakreditasi. Sejauh ini, PAUD yang sudah terakreditasi B baru 20 persen dari total 646 PAUD. Sementara sisanya belum terakreditasi B.

“Ada 646 PAUD di Kota Palembang yang sudah terdaftar di tahun 2018 untuk peningkatkan akreditasi. Dalam meningkatkan akreditasi lPAUD, kami akan melakukan sosialisasi pengajuan akreditasi secara online. Hal ini untuk mempermudah pihak pengurus PAUD dalam mengajukan peningkatan akreditasi,” kata Kabid PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdik Kota Palembang Ismi Mulyati, Senin (5/3/2018).

Dia mengatakan, kelebihan PAUD yang sudah terakreditasi maka mutu pendidikan akan meningkat. Kemudian dapat menerima bantuan m obiler atau bangunan dari Pemerintah Pusat.

“Setiap tahun kita meminta mereka selalu memberikan data Dapodik maupun data lainnya, sehingga kami lebih mudah mencari tahu bagaimana cara mendapatkan akreditasi ini,” jelasnya.

Menurut dia, dari j646 PAUD, sebanyak 319 adalah Taman Kanak-kanak dan 327 adalah Kelompok Bermain (KB). Namun, yang terakreditasi masih sangat sedikit, apalagi yang memiliki akreditasi A maupun B.

“Untuk mendapatkan akreditasi ada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang harus dipenuhi, yakni standar kpmpetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan serta standar penilaian pendidikan. Kami imbau agar PAUD mengejar akreditasi. Kita juga akan melakukan sosialisasi pengajuan akreditasi secara online minggu depan. Kami targetkan tahun ini ada 300 lembaga PAUD sudah meningkatkan akreditasinya,” pungkasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here