UNBK di OKU Molor Berjam-Jam, Apa Sebab?

65
SERVER---Suasana Pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (23/4/2018) (FOTO : SS1/Widori).

Baturaja, SumselSatu.com

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (23/4/2018) tingkat sekolah menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), diketahui terhambat akibat jaringan server dari pusat mengalami gangguan, sehingga menghambat proses pelaksanaan UNBK.

Jadwal ujian yang semestinya dimulai pada pukul 08.00 wib, ternyata hingga pukul 09.00 wib ini belum bisa dilaksanakan, “Tadi pagi kita cek server sudah aktif, tokennya sudah keluar, bahkan siswa sempat memasukkan nomor ujiannya, namun setelah itu server offline,” kata kepala SMPN 32 OKU Yanti, SPd, MM, saat dibincangi wartawan.

Dikatakan Yanti, pada awalnya, pihaknya mengira karena kendala jaringan dari Telkom atau karena mati lampu. Namun setelah menghubungi pihak operator dan pihak sekolah ternyata juga sama mengalami gangguan dari server pusat.

“Kita sudah menghubungi pusat, dan pihak sekolah disuruh menunggu karena server pusat overload, dan kita masih menunggu hingga server norma kembali,” ujarnya.

Meskipun mengalami gangguan, hal ini tidak akan mempengaruhi durasi UNBK siswa, hanya saja pelaksanaannya dipastikan molor, “Durasinya tetap sama, hanya saja mungkin sesi kedua jadi molor” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala SMPN 2 OKU, Yulmitati, SPd, MM, yang mengeluhkan gangguan server pusat, menurutnya gangguan ini membuat waktu pelaksanaan UNBK terpaksa harus ditunda.

“Mau tak mau kita harus menunggu,” kata Yulmitati seraya mengungkapkan jika pelaksanaan UNBK SMP 2 OKU masih menginduk ke SMKN 3 OKU.

Sementara itu, Kepala dinas Pendidikan OKU Paranto, SPd, MM, yang meninjau langsung pelaksanaan UNBK menghimbau kepada seluruh sekolah untuk bersabar, dan menunggu hingga jaringan server pusat normal kembali.

Menurutnya hal ini bukan karena kesengajaan, atau kondisi alam, melainkan memang gangguan dari pusat.

“Harap sabar, tetap tenang, tunggu sampai normal kembali. Untuk siswa juga tetap enjoy dan berdoa jangan sampai karena hal ini mengganggu konsentrasi. Yang ada, nanti malah down,” tukasnya. #OriĀ 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here