Warga Banyuasin Ada Masalah NIK dan Nomor KK? Hubungi Nomor Ini

1763
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banyuasin, Saukani. (FOTO: SS1/ISTORA)

Pangkalanbalai, SumselSatu.com

Pada masa-masa pendaftaran penerimaan CPNS seperti sekarang, nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) sangat dibutuhkan. Bagi warga Kabupaten Banyuasin yang NIK atau nomor KK karena nomornya tidak valid, bisa meminta bantuan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Masyarakat bisa segera menghubungi Disdukcapil untuk disinkronkan atau dikonsolidasikan, hubungi saudara Raddy di nomor 0855109277744, Marhun 082371518185, dan Suhardi 085266829632,” kata Kepala Disdukcapil Banyuasin, Saukani kepada wartawan, Rabu (3/10/2018).

Saukani menambahkan, pihaknya siap membantu masyarakat yang bermasalah dalam pendaftaran CPNS, pengurusan BPJS, dan perbankan. Misal, karena NIK dan KK tidak cocok atau tidak valid.

Informasi ini telah disampaikan kepada jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, seperti para kepala desa dan kelurahan yang ada di 21 kecamatan dalam wilayah Banyuasin.

“Kita akan mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang ada masalah dengan NIK dan KK, akibat tidak cocok atau tidak valid,” kata Saukani.

Menurut Saukani, pihaknya telah menempatkan petugas khusus yang akan melayani masyarakat yang menemui masalah dengan NIK atau nomor KK.

Selain di Disdukcapil, lanjut Saukani, pihaknya juga telah melakukan ujicoba perekaman data dan langsung cetak KTP-el di tempat pelayanan di Kelurahan Rimba Asam.

“Alhamdulillah berhasil, semoga pelayanan di tempat lain juga dapat kita lakukan. Hanya syaratnya jaringan GSM tersedia,”sambung dia.

Dengan adanya kemudahan ini, Disdukcapil mengimbau masyarakat yang belum merekam data kependudukan, diminta melakukan perekaman, terkhusus bagi pemilih pemula.

“Bagi yang telah merekam tetapi KTP-el belum dicetak, agar didata dan diajukan secara kolektif kepada Kadis Dukcapil untuk dicetak secara massal,” jelas Saukani.

Masyarakat tak uga perlu khawatir dengan persediaan blanko KTP, karena menurut Saukani,pada September lalu masih tersedia 3.741 keping blanko KTP dan stok blanko tiap hari diumumkan di Kantor Disdukcapil. “Ini salah satu upaya untuk menghindari pungli. Insya Allah blanko KTP selalu tersedia cukup,”pungkasnya.  #tio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here