Harga Buah Mulai Naik

158
Beragam macam buah yang dijual di pasaran. (FOTO: SS1/Afriyanto)

Pangkalanbalai, SumselSatu.com  

Hampir sepekan Ramadan berjalan, sejumlah harga buah-buahan di Banyuasin mulai mengalami kenaikan cukup signifikan. Namun demikian, pembeli tetap ramai seperti biasa.

Erna, salah satu penjual buah, mengatakan, usaha penjualan buah yang dia lakoni sudah cukup lama, sehingga sudah memiliki pelanggan tetap. Pembeli tetap berdatangan baik siang maupun malam.

Buah yang dijual Erna seperti semangka, salak, jeruk, apel, anggur, pisang, dan sebagainya. Diakui, ada buah yang harganya naik namun ada yang stabil. Melihat trend, kenaikan umumnya terjadi pada buah yang banyak diminati untuk berbuka puasa.

“Buah yang mengalami kenaikan yaitu semangka dari harga Rp 8000/kg menjadi Rp 10.000/kg, belewa dari Rp 5000 menjadi Rp 8000/kg, sedangkan jeruk dari Rp 13.000 menjadi Rp 18.000/kg,”ujarnya.

Untuk jenis buah yang sama, terjadi persaingan kenaikan harga antara buah lokal dan buah impor. Menurut Erna, dalam hal ini kualitas buah turut menentukan besaran kenaikan.  “Bersaing harganya, kadang lokal lebih mahal dari impor, dan sebaliknya,”ungkap Erna. #fri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here