1 Juta 800 Bibit Pohon Tersalurkan tahun 2017

135
Lokasi produksi bibit yang terletak di Sukomoro KM12 kota Palembang

Palembang, SumselSatu.com

Sepanjang tahun 2017 lalu, Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I di Palembang, telah memberikan bantuan bibit pohon kayu sebanyak 1 juta 800 bibit.

Bantuan ini di berikan kepada semua kalangan masyarakat dan instansi yang membutuhkan bibit untuk penghijauan lingkungannya.

“Ya, kita BPTH wilayah I kota Palembang sudah berhasil menyalurkan 1 juta 800 bibit pohon kayu untuk seluruh provinsi Sumsel sepanjang 2017,” kata Mahendra selaku Kepala Sesi Sertifikasi dan Peredaran Bibit Pohon BPTH wilayah I kota Palembang, Jumat (2/2/2018).

BPTH wilayah I Palembang memang di peruntukan bagi setiap masyarakat baik itu pribadi ataupun dari kelompok dan instansi yang membutuhkan bibit pohon untuk melakukan penghijauan.

“Tujuan kita hanya menyalurkan bibit untuk masyarakat pribadi kalau untuk hutan seperti hutan lindung, hutan masyarakat dan hutan rehabilitasi itu bukan dari kita bibitnya,” kata Mahendra.

Lanjut dia, syarat untuk meminta bibit pohon, selain ditujukan sebagai penghijauan lingkungan dan proposal, juga harus jelas lokasi tempat penanamanya serta berapa banyak bibit yang dibutuhkan.

“Jadi masyarakat jangan sungkan-sungkan datang ke BPTH jika membutuhkan bibit. Semua proposal pasti diterima,” ungkapnya.

Setelah proposal dan semua syarat terpenuhi, BPTH akan langsung memproses bibit dan dalam kurun waktu 4-5 bulan bibitnya bisa diambil langsung ke kantor BPTH.

Meskipun gratis, sebenarnya bibit-bibit ini dibiayai dengan dana APBN. Sementara untuk harga satu bibit itu di kalkulasikan sebesar 800 rupiah per pohonnya. “Kita juga memproduksi sendiri bibit-bibit ini yang letaknya di wilayah Sukomoro di KM 12 kota Palembang,” jelasnya.

Tambah Mahendra, BPTH wilayah I Palembang hanya memproduksi bibit -bibit pohon kayu bermutu untuk masyarakat seperti bibit pohon cempaka, kejabon, mahoni dan karet.

“Kita hanya memproduksi itu dan berharap setiap individu dapat menanam mininal 25 pohon seumur hidup. Agar terjaganya kehijauan di Provinsi Sumsel,” tutupnya. #ard  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here