Sekolah Wajib Ikut Program Adiwiyata

190
Reni Sefriany

Palembang, SumselSatu.com

Seluruh sekolah di Kota Palembang wajib mengikuti program Adiwiyata. Pasalnya dengan mengikuti program Adiwiyata, lingkungan di sekolah akan lebih bersih dan berbudaya.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang Reni Sefriany mengatakan, Walikota Palembang telah membuat Surat Keputusan (SK) yang menyatakan bahwa sekolah di Palembang wajib mengikuti program Adiwiyata. Tujuannya agar sekolah di Palembang berbudaya lingkungan.

“Program Adiwiyata ini mengajak seluruh warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, dan pemilik kantin untuk memperhatikan lingkungan sekolah agar lebih bersih dan berbudaya,” ujarnya dalam kegiatan sosialisasi dan asistensi teknis program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang diikuti 100 guru di Grand Atyasa, Jumat (2/2/2018)

Reni menjelaskan, program Adiwiyata dimulai dari seleksi tingkat kabupaten/kota, provinsi, kemudian nasional. Setelah berpredikat Adiwiyata nasional, baru dapat ditingkatkan menjadi Adiwiyata Mandiri.

“Berdasarkan informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup, peraih predikat Adiwiyata Nasional untuk mendapatkan predikat Adiwiyata Mandiri, sekolah tidak lagi membina 10 sekolah tapi hanya membina 3 sekolah. Alasannya supaya sekolah bisa lebih fokus dalam membina sekolah calon adiwiyata di sekitarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Reni mengungkapkan, parameter untuk mencapai program Adiwiyata ada empat komponen yakni kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

“Sebagian sekolah di Palembang antusias mengikuti program Adiwiyata,” katanya.

Reni menambahkan, program sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup ini adalah program bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan Nasional.

“Harapan kami adalah seluruh sekolah di Palembang dapat menerapkan program ini. Sehingga seluruh warga sekolah bijak dalam pengelolaan lingkungan,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here