29 Maret, Soal UNKP Didistribusikan

52
PERSIAPAN---Siswa SMK N 2 saat mengikuti simulasi UN. (FOTO: ist)

Palembang, SumselSatu.com

Soal Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) SMK didistribusikan pada Kamis (29/3/2018). Soal UNKP akan didistribusikan ke OKUS dan Lahat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendisidkan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Kasi Kurikulum SMK, Yose Aprizal. Yose menjelaskan, jumlah pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mencapai 18.636 siswa SMK negeri dan 13.502 siswa SMK swasta dengan persentase mencapai 96,3 persen dari total jumlah siswa SMK di Sumsel.

“Jumlah peserta UNKP sudah berkurang drastis dari tahun sebelumnya. Hanya sekitar 800 orang saja dari total siswa SMK di Sumsel,” ungkapnya, Rabu (28/3).

Yose menuturkan, kendati jumlah peserta UNKP tidak sebanyak tahun lalu, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel tetap melakukan pengawalan ketat pada proses distribusi soal ke daerah yang bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Data yang ada saat ini untuk SMK hanya ada dua daerah yang masih UNKP, yakni Kabupaten Ogan Kemering Ulu Selatan (OKUS) dan Lahat yang terkendala jaringan internet. Jumlahnya ada 10 SMK saja,” bebernya.

Mengenai jumlah soalnya, kata Yose, tidak jauh berbeda dengan soal UNBK. “Soal dibuat oleh pusat dan diterima Disdik Sumsel, kemudian didistribusikan ke daerah-daerah,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here