90% CJH Sumsel Lunasi BPIH

10
(FOTO: NET)

Palembang, SumselSatu.com

Dari 6960 orang yang tercatat sebagai calon jemaah haji (CJH) dari Sumatera Selatan (Sumsel), sedikitnya 6267 orang atau 90 persen lebih telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1441 Hijriah. Masa pembayaran tahap pertama ditutup pada Kamis (30/4/2020) lalu.

“Masih ada 693 yang belum melakukan pelunasan,” ujar Dr H Saefudin, MSi, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel, Jumat (1/5/2020).

Sebelumnya, Saefudin yang berbicara mewakili Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag Sumsel Dr H M Alfajri Zabidi, MM, MPdI itu mengatakan, secara umum, pelunasan di setiap kabupaten/kota di Sumsel sudah di atas 84 persen. Hanya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang baru 75 persen.

Lima kabupaten/kota dengan persentase terbanyak adalah Musi Banyuasin (Muba) sebesar 99 persen, Lahat 98,3 persen, Banyuasin 97,5 persen, Empat Lawang 97,4 persen, dan Pagar Alam 95,5 persen.

Di awal Saefudin menyampaikan, tahun ini Sumsel mendapatkan kuota CJH sebanyak 7012 orang. Yakni, 6960 CJH, 47 petugas haji daerah (PHD), dan lima orang pembimbing dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU).

Untuk PHD dan pembimbing KBIHU, hingga batas waktu penutupan BPIH Tahap I, belum ada yang melakukan pelunasan.

Dikatakan Saefudin, pelunasan BPIH Tahap II pada 12-20 Mei 2020. Pelunasan dibuka bagi CJH berhak lunas yang mengalami gagal pembayaran di Tahap I karena sistem. Selain itu, mereka yang berhak melunasi pada tahap kedua adalah pendamping orang lanjut usia (Lansia), penggabungan mahram, serta CJH disabilitas dan pendampingnya. #nti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here