Agar Mudah Dimengerti, Karya Sastra Harus Dikemas Secara Baik

    48
    Seminar Bahasa Indonesia yang digelar FKIP Unsri, Sabtu (28/10/2017).

    Palembang, SumselSatu.com

    Memartabatkan Bahasa Indonesia melalui peningkatan mutu bahasa, sastra dan penganjara. Demikian tema Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP Universitas Sriwijaya (Unsri), Sabtu (28/10).

    Hadir sebagai pembicara utama guru besar Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unsri Prof Dr Mulyadi Eko Purnomo, MPd, Dekan FKIP Universitas Lampung Dr HM Fuad, Mhum, dan Dekan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Aceng Hasani. Dalam paparannya, Prof Eko menyatakan dalam memaknai sebuah sastra dapat dilihat dari sudut pandang pengarang yaitu ideologi.

    Masih membahas mengenai sastra, Fuad memaparkan dalam mengolah sastra sebaiknya dikemas semenarik mungkin agar siswa dengan mudah memahami pesan yang ingin disampaikan dalam karya sastra tersebut.

    “Dalam membina bahasa harus dilakukan sedini mungkin melalui perencanaan terdahulu lalu direalisasikan oleh para peserta didik agar tidak salah dalam penerapannya,” timpal Dekan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Aceng Hasani.

    Sedangkan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai ketua penyelenggara Dr Hj Nurbaya, MPd, mengungkapkan, seminar ini merupakan salah satu mata kuliah yang ada di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yakni mata kuliah Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia.

    “Seminar ini merupakan implementasi Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Diharapkan melalui terselenggaranya seminar nasional ini mahasiswa mampu membuat penelitian atau makalah serta mempresentasikannya di depan umum, mengingat seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia harus menjadi pemakalah dalam seminar ini,” pungkasnya. #ari

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here