Angkutan Lebaran Menuju Sumsel Dijamin Lancar

18
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Palembang, SumselSatu.com

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi bersama Komisi V DPR RI memastikan jika semua moda transportasi lebaran dan juga akses menuju Provinsi Sumsel berjalan baik dan lancar. Hal ini menghadiri Rapat Kesiapan Angkutan Lebaran 2019 di VIP Room Bandara SMB II Palembang, Jumat (24/5/2019).

Dirinya menjelaskan beberapa moda yang bisa digunakan untuk angkutan lebaran seperti jalan darat menggunakan fasilitas jalan tol fungsional. Di bukanya jalan tol ini menjadi akses baru masyarakat yang ingin pulang kampung menuju Sumsel.

“Jadi jalan tol itu belum siap operasional tapi secara fisik bisa dilalui, sehingga sudah bisa di fungsionalkan. Bahkan untuk di Sumsel ini lebih baik dari yang di Jakarta, karena relatif sudah jadi semua,” ungkapnya.

Menurut Budi Karya, dengan melalui Tol Trans Sumatera dari Lampung ke Palembang maka waktu tempuhnya jadi 7 jam, kalau sebelumnya bisa sampai 12-15 jam.

“Oleh karenanya perlu dikoordinasikan baik di Sumsel maupun di Lampung. Jadi setelah dari Palembang ini saya ke Lampung dan akan bertemu gubernur serta Kapolda untuk memastikan kesiapan angkutan lebaran ini,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kereta api dan angkutan udara masih normal. Sedangkan untuk flight tambahan diberikan kesempatan kepada maskapai untuk yang ingin tambahan. Karena slot-slot di semua bandra relarif masih longar kecuali Halim. Karena di Bandara Halim Perdana Kesuma memang penuh.

“Kita memang memberikan suatu catatan kalau ada slot dan maskapai itu mau membatalkan ada syaratnya, pihak maskapai memberi tahu satu hari sebelumnya,” jelasnya.

Terakhir, Budi memastikan akses menuju Sumsel atau dari Sumsel mau ke luar kota sudah sangat baik.

“Kita bersama-sama Komisi V DPR RI memastikan angkutan lebaran 2019 menuju ke Sumsel ini berjalan dengan baik,” tukasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here