April, Tes Event Asian Games Digelar

58

Palembang, SumselSatu.com

Panitia Daerah menjadwalkan menggelar tes event Asian Games 2018 pada bulan April hingga Juli. Tes Event akan mengacu pada sistem dan standar yang diberikan oleh Olimpyc Council of Asia (OCA).

Ketua Deputi I Bidang Kompetisi Panitia Daerah Asian Games Akhmad Yusuf Wibowo mengatakan, beberapa tes event sudah digelar di komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC) seperti voli pantai dan triathlon. Namun, untuk beberapa cabang olahraga (cabor) lain akan dituntaskan pada bulan April-Juli 2018.

“Untuk kepastian jadwal akan menunggu dari pengurus besar masing-masing main sport. Namun, ada beberapa sisa cabor yang belum dilakukan tes event seperti bowling, panjat tebing, menembak, dan sepatu roda.

Khusus bowling dalam waktu dekat digelar karena kita sedang mempersiapkan peresmian yang dibangun oleh Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas yang juga nanti akan digunakan sebagai venue Asian Games,” jelas Akhmad Yusuf Wibomo, Senin (19/2/2018).

Menurutnya, venue sudah selesai digunakan namun masih dalam proses penyempuraan seperti taman, ruang-ruang VIP dan fasilitas pendukung, terus dikebut agar selesai saat tes event digelar.ang saat ini terus dikebut. Sehingga April nanti tes event bisa dilaksanakan.

“Syukur-syukur bisa kita gelar Maret nanti, karena kita juga akan menggelar tes event sepakbola wanita dan masih menunggu jadwal fiksnya,” terang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel tersebut.

Yusuf berharap tes event masing-masing cabang olahraga bisa berjalan lancar karena tes event bukan hanya seremonial tapi bagaimana menjadi gladi baik bagi SDM panitia maupun kompetisi.

“Tes event ini sangat penting, karena dari sini kita mengukur bagaimana uji coba lapangan, SDM panitia, dan mekanisme baru yang ditetapkan termasuk pemanasan bagi atlet. Termasuk soal regulasi baru dari masing-masing cabor dari Badan Olahraga Asia yang boleh jadi ada aturan baru sehingga harus dipahami oleh seluruh unsur, baik juri, panitia maupun atlet,” pungkasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here