Asian Games Bisa Kacau, Kalau Ada Kabut Asap

53
KEBAKARAN HUTAN---Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat memberikan sambutan kepada seluruh stakeholder pengendalian kebakaran hutan dan lahan. (FOTO: SS1/MARDIANSYAH)

Palembang, SumselSatu.com

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin telah menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) dari awal Februari lalu. Alex meminta agar pada 2018 tidak terjadi  Karhutlah.

“Saya minta pengalaman 2015 jangan sampai terulang lagi,” kata Alex, saat menyosialisasikan Asian Games di hadapan stakeholder pengendalian Karhutlah, Rabu (28/2/2018).

Kata Gubernur, penyelenggaraan Asian Games bisa kacau, bahkan bisa gagal, kalau terulang lagi kabut asap menyelimuti Palembang. Penerbangan kacau karena jarak pandang dekat, dapat menimbulkan penyakit ISPA, ISPU yang akan menganggu, dan tidak mungkin ada pertandingan olahraga.

“Untuk itu, kita harus tetap siaga meskipun cuaca sekarang tidak menentu, kalau ada api sekecil apapun cepat padamkan,” tegas Alex.

Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, penetapan Siaga Karhutlah berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel.

“Dengan adanya status ini, maka penanggulangan Karhutlah di Sumsel dapat diantisipasi sejak awal,” kata Ansori. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here