Bapaslon Lalui Tes Kesehatan Jasmani dengan Tenaga Ekstra

54
Pasangan Saiful Bakhri - Agus Salam

Palembang, SumselSatu.com

Bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta Pilkada Banyuasin, terlihat cukup kesulitan pada tes kesehatan tahap dua, terkait kesehatan  jasmani yang digelar di Rumah Sakit Umum Pusat Dr  Moehammad Hoesin, Palembang, Minggu (14/7/2018).

Beda dengan tes pemeriksaan Narkoba yang dilakukan sebelumnya. Kali ini para bakal calon peserta Pilkada harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjalani tes kesehatan jasmani.

Ketua IDI wilayah Prov Sumsel Dr KH Rizal Sanif, SPOG (K), Mars menjelaskan, pemeriksaan treadmil dapat memberikan informasi kesehatan jantung. Apakah memiliki asupan darah dan oksigen dari sirkulasi saat terjadi stres fisik yang mungkin tidak muncul pada EKG saat istirahat.

“Pemeriksaan ini juga dapat memberikan informasi penting apabila ada kelainan dari irama jantung dan tekanan darah,” jelasnya.

Pemeriksaan calon kepala daerah dalam Pilkada serentak 2018 yang berlangsung 8 hingga 15 januari 2018, bersifat final dan mengikat dan tidak ada pemeriksaan pembanding.

“Tidak ada pemeriksaan pembanding, namun dilakukan penyesuaian waktu, bila ada pemeriksaan lanjutan,” katanya.

Sementara itu Ketua KPUD Banyuasin, Dahri yang ikut memantau pelaksanaan tes kesehatan bakal calon tersebut mengatakan, lima pasang bakal calon hadir dalan pemeriksaan kesehatan jasmani tersebut. Namun salah satu bakal calon wakil bupati harus mengikuti tes kesehatan lanjutan pengganti uji treadmil.

Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indoesia, Himpunan Psikologi dan Badan Narkotika Nasional tersebut, akan diplenokan 15 Januari. “Tanggal 16 Januari kami baru menerima hasil tes kesehatan itu. Sesuai aturan, kalau menurut tim medis, ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat untuk maju di Pilkada, kami akan minta pada pengusung nya untuk mengganti calon tersebut,” tegasnya.

Syaiful Bakhri dan Agus Salam saat diwawancarai pada saat memasuki pemeriksaan kesehatan mengatakan jika pemeriksaan mereka berdua saat ini berjalan lancar dan tidak ada kendala sedikitpun.

“Alhamdulillah untuk kesehatan kami berdua saat ini berjalan lancar dan tidak ada masalah baik dari jasmani maupun rohani dan kami tidak ada kendala maupun kesulitan dan berharap wagra Banyuasin dapat mendoakan kami sebagai Bupati Banyuasin 2018 – 2023,” pungkasnya. #fri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here