Bulan April, Jargas RT Pemasangan Konstruksi Dimulai

58
Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mura, Teddy Laszuardy.

Musi Rawas, SumselSatu.com

Pemasangan sambungan jaringan gas (Jargas) untuk rumah tangga (RT) diprediksi bulan April mendatang dimulai pelaksanaannya, pasalnya sudah diketahui siapa yang akan mengerjakan konstruksinya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mura, Yudi Fachriansyah melalui Sekretaris, Teddy Laszuardy, mengatakan untuk saat ini sedangkan dilakukan penyusunan Front End Engineering Design (FEED) dan Detail Engineering Design For Construction (DEDC) UKL UPL yang telah dilaksanakan proses tahap akhir. Dan untuk izin lingkungan sudah diterbitkan.

Bahkan saat ini di Dirjen Migas sedang menyusun dokumen lelang untuk konstruksi jaringan gas rumah tangga (Jargas RT) di kecamatan Sukakarya dan kecamatan Tuah Negeri.

“Rencananya bulan April sudah bisa diketahui pemenang dan mulai pelaksanaan konstruksi. Di mana, pemasangan jaringan nantinya sebanyak 5.088 sambungan rumah (SR). Dari 5.000 kuota yang disiapkan,” jelas Teddy Laszuardy saat disambangi di ruang kerjanya, Jumat (26/1/2018).

Menurutnya, dari kuota 5.000 tersebut yang disiapkan tersebar di tujuh desa Kecamatan Sukakarya. Seperti desa Sugiwaras sebanyak 541 rumah, Sukowarno sebanyak 449 rumah, Rantay Ali sebanyak 349 rumah, Bangun Rejo sebanyak 778 rumah. Lalu, desa Ciptodadi sebanyak 952 rumah, Ciptodadi II sebanyak 474 rumah, Sukarena sebanyak 250 rumah, dan Desa YKB sebanyak 270 rumah.

Lalu, tiga desa di kecamatan Tuah Negeri yakni Desa Jaya Tunggal sebanyak 379 rumah, Dharma Sakti sebanyak 366 rumah dan desa Jaya Bakti sebanyak 459 rumah.

Teddy menjelaskan kalau untuk beban biaya bulanan nantinya direncanakan tagihannya sesuai dengan token yang diperkirakan Rp50.000,-. Akan tetapi, untuk tahun depan akan diajukan permintaan setelah melihat keberhasilan jaringan yang sudah ada dan bila baik maka tidak menutup kemungkinan akan banyak atau diatas 5.000 sambungan.

“Kita berharap secara bertahap seluruh masyarakat yang ada bisa menikmati jargas. Sehingga, masyarakat Kabupaten Mura seluruhnya bisa mendapatkan jargas,” pungkasnya. #gky 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here