Giri Dukung Jagoan Matematika ke Korsel

164

Muara Enim, SumselSatu.com

M Giri Ramanda N Kiemas memberikan dukungan kepada Kgs Fakhri Rasyidd (14), siswa SMP Negeri 1 Muara Enim, untuk dapat mengikuti World Mathematics Invitational (WMI) di Korea Selatan (Korsel).

Fakhri siswa Kelas VIII itu berhasil meraih Medali Emas WMI 2018 yang diselenggarakan American Mathematics Society, Organisasi Matematika Taiwan, dan Asosiasi Evaluasi Murid Berbakat Korea, dan menyisihkan 350 peserta se-Indonesia. Babak Final WMI 2018 tingkat dunia dijadwalkan diselenggarakan di Kampus Universitas Yonsei Songdo, Seoul, Korsel pada 13-17 Juli mendatang.

Namun, Fakhri terancam tidak dapat mengikuti ajang bergengsi dunia itu lantaran tidak memiliki biaya untuk berangkat ke sana.

Hal tersebut membuat Giri Ramanda Kiemas terpanggil hatinya untuk memberikan dukungan kepada generasi bangsa yang berprestasi itu.

“Saya mewakili Pak Giri Ramanda Kiemas untuk memberikan bantuan uang kepada Fakhri agar dia bisa mengikuti WMI di Korea Selatan,” ujar Akhmad Imam Mahmudi, Wakil Ketua Kaderisasi dan Idiologi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim, Rabu (11/4/2018).

Dikatakan Imam, Giri Ramanda Kiemas yang Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel menghubungi dirinya setelah membaca berita tentang Fakhri di media massa.

“Pak Giri berasal dari Muara Enim, jadi Beliau ingin Fakhri dapat membawa nama Muara Enim, nama Sumatera Selatan ke ajang matematika dunia. Beliau berharap Fahkri dapat semakin mengharumkan nama Muara Enim, Sumatera Selatan, dan Indonesia di ajang kompetisi matematika dunia atau internasional,” kata Imam.

“Bantuan ini spontan setelah Beliau membaca berita-berita tentang Fahkri. Bukan karena Beliau sedang mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Mohon kawan-kawan wartawan untuk tidak mengkait-kaitkan bantuan ini karena sedang mau Pemilukada. Ini tanda kepedulian Beliau terhadap bidang pendidikan, kepada generasi yang berprestasi,” tambah Imam.

Kepada Fahkri yang didampingi ibunya, Rini Yulinar, Imam memberikan selembar cek. Tetapi Imam meminta wartawan untuk tidak menuliskan jumlah bantuan yang diberikan.

“Bantuan ini tidak besar, tetapi ini menunjukkan perhatian Pak Giri, dukungan Pak Giri. Mudah-mudahan Fakhri bisa mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Korea Selatan,” kata Imam.

Terpisah, Giri Ramanda Kiemas yang dihubungi SumselSatu melalui telepon seluler mengatakan, bantuan uang yang diberikan sebagai bentuk dukungan dirinya terhadap generasi muda yang berprestasi.

Giri pun tidak mau menyebutkan jumlah bantuan yang diberikannya. “Tidak usah ditulis berapa jumlahnya. Tidak banyak. Tetapi ini bentuk dukungan saya terhadap Fahkri, semoga akan banyak Fahkri-Fahkri lain di Sumsel,” kata Giri yang menjadi peserta Pemilukada Sumsel 2018 dan berpasangan dengan Dodi Reza Alex tersebut.

“Yang terpenting saya mendukung Fahkri agar dapat mengikuti WMI di tingkat internasional. Saya sangat bangga terhadap Fahkri yang berhasil meraih medali emas. Ini baru jagoan,” tandas Giri.

Fahkri yang lahir di Palembang pada 24 September 2004 mengatakan, matematika adalah mata pelajaran yang paling disukainya sejak duduk di Kelas V sekolah dasar (SD).

Dia pernah pernah mengikuti OSN Tingkat Kabupaten Muara Enim dan berhasil meraih Juara I, dan mewakili Muara Enim di OSN Tingkat Provinsi Sumsel.

“Tapi di tingkat provinsi mungkin belum rezeki saya untuk menang, tapi ada hikmahnya. Sejak itu saya mulai semakin menyukai matematika, hingga jadi ketagihan ikut kompetisi demi kompetisi. Sebagian besar piala dan piagam prestasi yang saya miliki adalah di bidang matematika,” ungkap Fahkri.

Putera kedua pasangan Rini Yulinar-M Tarmizi Ismail menilai, matematika adalah bidang ilmu pasti yang menyenangkan untuk dipelajari.

Fakhri menyatakan, sangat ingin mengikuti WMI di Korsel.

“Saya benar-benar ingin mengikuti babak final tersebut. Saya ingin mengibarkan Bendera Merah Putih di sana dengan keluar sebagai juara, sehingga dapat mengharumkan nama sekolah saya, kabupaten, provinsi, dan negara saya di tingkat internasional,” kata Fahkri yang bercita-cita ingin menjadi ahli Fisika.

Kepala SMP Negeri 1 Muara Enim Herry Candra bangga atas prestasi yang dicapai anak didiknya.

“Fakhri memang punya kemampuan lebih di bidang matematika. Nilainya di sekolah saja kemarin 9,9 nyaris sempurna, kami turut bangga atas prestasi yang diraih Fakhri,” katanya.

“Mudah-mudahan impiannya berangkat ke Korea bisa terwujud dan di sana nanti Fakhri bisa mengharumkan nama Indonesia, Sumsel, Muara Enim dan SMP Negeri 1 Muara Enim dengan keluar sebagai juara,” katanya. #ata 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here