Jelang Pencoblosan, Elektabilitas Dodi-Giri Terus Naik

250
Ilustrasi : Besok, Rabu (27/6), masyarakat Sumsel akan menentukan pilihan siapa yang akan memimpin Sumsel lima tahun ke depan. (FOTO: SS1/DOK)

 Palembang, SumselSatu.com

Besok, Rabu (27/6), masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) akan menentukan pilihan siapa yang akan memimpin Sumsel lima tahun ke depan. Dilihat dari survei Puskaptis, menjelang hari pencoblosan elektabilitas pasangan Dodi Reza Alex – Giri Ramanda Kiemas terus meningkat.

Dirut Puskaptis Husein Yazid, Selasa (26/6), mengungkapkan, dilihat dari elektabilitas pasangan calon (paslon) mendekati hari pencoblosan, Dodi dan Giri masih lebih unggul dari paslon lain.

“Elektabilitas Dodi dan Giri terus naik dan mencapai 37 persen. Sedangkan Herman Deru dan Mawardi Yahya hanya 31 persen. Dodi dan Giri lebih unggul 2 sampai 5 persen dibandingkan Deru dan Mawardi Yahya. Prediksi kita Dodi dan Giri akan memenangkan Pilgub Sumsel,” ujar Husein.

Puskaptis sendiri akan mengelar quick count atau hitung cepat pada hari pencoblosan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018. Untuk itu, Puskaptis menyebarkan 600 petugas di 600 desa/kelurahan dengan melakukan pendataan di 1.200 tempat pemungutan suara (TPS).

Husein Yazid mengatakan, pihaknya mengadakan quick count di 1.200 TPS di 600 desa/kelurahan yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Tingkat margin error lebih kurang 1 persen dan tingkat kepercayaan 99 persen.

“Kita sudah menyebar petugas di 600 desa/kelurahan, dimana setiap petugas melakukan pemantauan di dua TPS, ” ujar Husein.

Husein menambahkan, data TPS yang diambil adalah data yang sah dan valid yang sudah disahkan petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU),  Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan saksi-saksi. “Jadi data yang kami berikan adalah data sah,” ucapnya.

Menurut Husein, quick count nanti sudah diketahui hasilnya pada pukul 14.30 WIB atau 15.00 WIB. Sebab, pukul 13.00 WIB perolehan suara masing-masing kandidat mulai dihitung, pukul 14.00 WIB kemungkinan besar sudah ada jumlah perolehan suara pasangan calon di TPS. “Jadi sekitar pukul 15.00 WIB akan diketahui siapa pemenang di Pilgub Sumsel 2018,” katanya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here