2 November Pembangunan IPAL Sei Selayur Dimulai

55
RAPAT---Suasana rapat pemembahasan persiapan groundbreaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah kawasan Sei Selayur, di Balai Kota Palembang, Kamis(26/10/2017). (FOTO: IST/HUMAS PEMKO PALEMBANG)

Palembang, SumselSatu.com

Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur, Kota Palembang, akan segera dimulai. Rencananya, peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek tersebut akan dilakukan pada 2 November 2017.

“Rapat hari ini kami membahas persiapan groundbreaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah kawasan Sei Selayur,  Alhamdulillah dari rapat ini kami dapat memastikan pada 2 November mendatang akan digelar groundbreaking,” ujar Sekretaris Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Palembang Harobin, saat ditanya wartawan usai  rapat, di Balai Kota Palembang, Kamis(26/10/2017).

Pembangunan IPAL akan menggunakan dana hibah Pemerintah Australia sebesar 45 juta dolar.

“Saat groundbreaking tanggal 2 November mendatang akan dihadiri langsung Kedubes Australia,” kata Harobin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Palembang Saiful mengatakan, pembangunan IPAL Sei Selayur tengah memasuki tahap sosialisasi.

“Pemerintah tengah melakukan sosialisasi rencana pembangunan tersebut, termasuk relokasi warga agar bisa berjalan sesuai rencana,” katanya.

Proyek IPAL Sei Selayur memakan total dana sebesar Rp500 miliar. Pembangunan dilakukan di atas lahan seluar 5,7 hektar. Pembangunan akan berlangsung hingga 2022.

“Untuk merealisasikan pembangunan tersebut, pemkot sudah merampungkan pembuatan DED sambungan rumah tangga,” katanya.

Dengan hadirnya IPAL perkotaan ini, diharapkan air sungai menjadi lebih jernih karena telah melalui proses penyaringan sebelum di buang ke sungai. Dampak positif lainnya, pekerjaan PDAM Tirta Musi akan lebih ringan dalam permurnian air bakunya. #yud

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here