Kartini ‘Zaman Now’, Peserta Kompak Kenakan Kebaya

97
SEMANGAT---Suasana kegiatan Gema Kartini Nusantara di gedung Academic Center, Jumat (20/4/2018). (FOTO : SS1/Mardiansyah)

Palembang, SumselSatu.com

Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menggelar acara Gema Kartini Nusantara di gedung Academic Center, Jumat (20/4/2018).

Dalam acara ini mengangkat tema “Kartini Zaman Now Emansipasi Perjuangan Kartini dan Pendidikan Kaum Wanita 20-21 April”.

Ketua Dema UIN Raden Fatah, Imam Santoso mengatakan, pihaknya mengangkat tema “Kartini Zaman Now” karena Lewat karya dan sifat-sifatnya dari RA Kartini yang menginspirasi yang merupakan mwanita hebat yang bisa membuat kita ingin menjadi seseorang yang lebih baik.

“Sebagai wanita zaman now, seharusnya kita juga memiliki sikap dan semangat seperti Kartini,” kata Iman.

Imam menjelaskan, peserta yang hadir dalam acara ini ada sekitar 60 mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di kota Palembang. Selain itu, peserta yang juga kompak mengenakan kebaya yang merupakan ciri khas dari RA Kartini.

“Kebaya ini juga ciri khas RA Kartini yang sebagai pelopor kebangkitan kaum perempuan pada masa itu dan juga kita sekaligus melestarikan kebaya ini karena ini merupakan kebudayaan khas Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan, acara yang berlangsung Dua hari ini juga akan mengadakan lomba masak. “Besok acara puncaknya akan ada lomba masak yang diikuti oleh 30 tim,” ujarnya.

Imam menambahkan,dirinya berharap sosok RA Kartini ini bisa menimbulkan rasa nasionalisme kepada generasi muda saat ini.

“Semoga apa yang dilakukan oleh RA Kartini ini bisa menumbuhkan semangat untuk mengikuti jejak RA Kartini dan juga tidak merupakan para pejuang terdahulu yang sudah berjasa kepada Indonesia,” pungkasnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here