Kendaraan Lakalantas dan Dicuri Bebas Pajak 

44
Kepala UPT Bapenda Provinsi Sumsel di Kabupaten Mura, Edisiswaya. (FOTO: SS1/HENGKY)

Musi Rawas, SumselSatu.com 

UPT Bapenda Sumsel Kabupaten Mura akan mengajukan penghapusan pajak kendaraan bermotor yang mengalami kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) dan dicuri serta menjadi barang bukti dalam perkara tindak pidana.

Edisiswaya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumsel di Musi Rawas (Mura) mengatakan, terkait pendataan jumlah kendaraan bermotor yang akan dibebaskan pajak itu, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian.

“Penghapusan pemohon pajak kendaraan itu dilakukan karena kendaraan tersebut tidak dioperasionalkan lagi. Sehingga, tidak memungkinkan lagi mereka mengajukan permohonan pembayaran pajak kendaraan,” kata Edisiswaya, saat ditemui SumselSatu, di ruang kerjanya, Selasa (17/7/2018).

Dia menambahkan, penghapusan pajak juga dilakukan bagi kendaraan yang usianya telah tua, dan kendaraan yang sudah tidak ada namun pajaknya masih berjalan.

“Kami masih menunggu data yang resmi dari aparat kepolisian,” katanya.

Disoal soal pemutihan pembayaran pajak kendaraan, dia mengatakan, hingga saat ini belum ada.

“Keringanan dalam pemutihan pembayaran pajak kendaraan itu biasanya untuk dua tahun. Namun, walaupun dua tahun tetap diproses dan tidak dikenakan denda. Sehingga, semuanya masuk dalam pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Mura,” kata Edi.

Kasatlantas Polres Mura yang juga Koordinator Samsat Mura AKP Budi Hartono Sutrisno, SIK, SH, mengatakan, pihaknya telah menerima pengajuan permintaan dari UPT Bapenda Provinsi Sumsel di Kabupaten Mura untuk penghapusan pajak kendaraan, khusus bagi korban lakalantas, dan curanmor.

“Pengajuan sudah diterima secara tertulis. Pengajuan penghapusan khusus bagi korban lakalantas, kendaraan barang bukti, dan curanmor,” kata Budi yang berbicara mewakili Kapolres Mura AKBP Bayu Dewantoro, SIK, MM.

“Saat ini petugas sedang melakukan pengecekan dan langsung diserahkan ke Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel. Petugas masih melakukan pengecekan dan dilakukan inventarisir data tersebut,” kata Budi yang didampingi Kanit Regident Ipda Narendra, STK. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here