Koordinasikan Kamtibmas Dan Konflik Sosial Masyarakat Dua Wilayah

33

Musi Rawas, SumselSatu.com

Kodim 0406/MLM bersama Polres Musi Rawas (Mura) melakukan koordinasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan potensi konflik sosial masyarakat khususnya di Kabupaten Mura dan Musi Rawas Utara (Muratara).

Dandim 0406/MLM, Letkol Kav Dodi Syamsurizal didampingi Dansubdenpom II/4-5, Kapten CPM Ebril Aidi datang menemui Kapolres Mura, AKBP Pambudi SIK didampingi Wakapolres, Kompol Benny Prasetya SIK, dan Kasat Reskrim, AKP Wahyu Setyo, SIK, di Mapolres Mura, Selasa (22/11/2017) sekira pukul 10.00 WIB.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mura, AKBP Pambudi, SIK, mengatakan koordinasi dan komunikasi sangat sering dilakukan kedua institusi. Menindaklanjuti permasalahan  kamtibmas dan sejumlah potensi konflik yang ada selama ini.

“Kita sinergikan bersama-sama khususnya terkait penyampaian aspirasi masyarakat terhadap pemerintahan dan pelaku usaha yang ada di kabupaten Mura dan Muratara,” tegas Kapolres Mura, AKBP Pambudi, SIK, di ruang kerjanya.

Menurutnya, TNI/Polri tetap mendukung dan mensuport Pemkab Mura dan Pemkab Muratara dalam menjalankan roda pemerintah dan geliat pembangunan yang ada. Namun, tentunya pemerintah berperan penting memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat khususnya dalam penyampaian aspirasi. Dengan tidak melakukan perusakan dan merugikan masyarakat lainnya.

“Kita minta pemerintah lebih intens dan peka terhadap situasi kamtibmas dan meminimalisir konflik sosial di masyarakat. Jangan sampai menimbulkan preseden buruk bagi daerah masing-masing,” jelas dia.

Kapolres Mura menjelaskan pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan situasi kamtibmas bersama dalam menyampaikan aspirasi. Karena, kamtibmas yang aman, kondusif dan tertib memberikan multi efek besar terhadap geliat pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Kita berharap masyarakat memahami aturan dan menjaga kamtibmas bersama dalam menyampaikan aspirasi. Polisi siap membantu dan mengawal masyarakat menyampaikan aspirasi dengan tidak melakukan aksi anarkis,” ujar AKBP Pambudi, SIK.

Sementara itu, Dandim 0406/MLM Letkol Kav Dodi Syamsurizal menegaskan dirinya bersama Kapolres senantiasa berkomunikasi dan bersinergi mewujudkan situasi kamtibmas di masyarakat Kabupaten Mura dan Muratara. Tentunya partisipasi aktif pemerintah daerah sangat diharapkan. Jangan sampai terjadi benturan antara masyarakat dan aparat penegak hukum.

“Kita himbau masyarakat taat aturan dan tidak melakukan aksi-aksi yang melanggar aturan hukum. Karena, pihaknya senantiasa membantu masyarakat dalam penyampaian aspirasi,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here