Mulai Awal Maret, Satlantas Polres Mura Gelar Ops Keselamatan Musi 2018 Selama 21 Hari

38
PASANG---Personil Satlantas Polres Mura memasang spanduk di Jalinsum Mura dan Jalinsum Muratara mensosialisasi pelaksanaan Ops Keselamatan Musi 2018.

Musi Rawas, SumselSatu.com

Satlantas Polres Musi Rawas (Mura) mengelar Operasi Keselamatan Musi 2018 yang sebelumnya dikenal Operasi Simpatik. Operasi ini digelar selama 21 hari. Dimulai dari 1 hingga 21 Maret mendatang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mura, AKBP Bayu Dewantoro, SIK, MM, melalui Kasat Lantas, AKP Budi Hartono Sutrisno, SH, SIK, mengatakan Operasi Keselamatan Musi 2018 lebih mengedepankan langkah preventif kepada seluruh pengguna jalan. Namun, penindakan tetap dilakukan jika ada pengguna jalan yang melakukan tindakan menyebabkan fatalitas laka lantas.

Seperti melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan safety belt dan tidak membawa dokumen kelengkapan kendaraan.

“Kita harapkan para pengguna jalan khususnya pengguna kendaraan lebih tertib dan mengedepankan keselamatan dalam berlalu lintas. Dan pelaksanaan Ops Keselamatan 2018 dilakukan serentak seluruh Indonesia,” tegas Kasat Lantas, AKP Budi Hartono Sutrisno, SH, SIK, diruang kerjanya, Senin (26/2/2018).

Menurutnya, sebelum pelaksanaan Ops Keselamatan Musi 2018, pihaknya telah melakukan pemetaan (Mapping) terhadap kondisi jalan di Kabupaten Mura dan Muratara. Lalu, melakukan pemeriksaan kendaraan dan personil Satlantas Polres Mura siap melaksanakan Ops Keselamatan Musi 2018.

Adapun apel kesiapan kendaraan dinas roda dua, roda empat dan juga kelengkapan dinas perseorangan personil Satlantas Polres Mura. Meliputi pengecekan kelengkapan personel seperti jas hujan, tongkat, borgol, redcone, surat izin mengemudi, kartu tanda anggota (KTA).

Sedangkan, pengecekan kendaraan bermotor meliputi surat-surat kendaraan, kelengkapan mulai dari lampu utama, lampu sein, klakson, sirine, rotator, sistem pengisian kelistrikan kendaraan, pengecekan level oli, kondisi sistem pengereman kendaraan, serta kondisi fisik dari kendaraan tersebut.

“Kita berikan punisment kepada personil yang tidak lengkap perlengkapan dinas maupun personil yang kendaraan dinasnya kotor. Harapan ke depan dengan kesiapan anggota sebelum operasi ini dimulai. Personel yang terlibat operasi telah dilengkapi dengan kelengkapan yang memadai,  sehingga pelayanan kepada masyarakat selama operasi berlangsung nanti dapat berjalan dengan lancar,” jelas dia.

Selain itu, petugas Satlantas Polres Mura memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Ops Keselamatan Musi 2018 di media elektronik Radio Darussalam. Dan yang utama memasang sejumlah spanduk di Jalinsum Mura dan Jalinsum Muratara sehingga masyarakat mengetahui secara jelas pelaksanaan Ops Keselamatan Musi 2018.

“Kita kedepankan persuasif dan preventif. Namun, kita harapkan kesadaran masyarakat khususnya pengguna jalan untuk tertib dan sadar diri mengedepankan keselamatan berlalu lintas,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here