Parah, 30 Persen Jalan di Palembang Rusak

82
Ilustrasi jalan rusak di Kota Palembang

Palembang, SumselSatu.Com

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang memastikan sekitar 30 persen jalan di wilayah Kota Palembang, atau sekitar 781 kilometer dalam kondisi rusak, baik ringan, sedang, maupun parah. Penyebab kerusakan karena sering dilalui kendaraan dengan tonase berat.

“Ya, 30 persen atau 781 kilometer jalan di Palembang dari total 1.200 kilometer dalam kondisi rusak, namun sebaian besar sudah diperbaiki. Sebagian ada yang BBJN dan Provinsi Sumsel,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Saiful, Selasa (5/9/2017).

Ia mencontohkan, seperti di Jalan Sofian Kenawas, Gandus. Kata dia, jalan tersebut rusak parah sekitar 50 meter dari 3 kilometer yang harus diperbaiki.

“Namuyn perbaikan jalan tersebut masih kekurangan dana karena jika hanya ditimbun tidak akan bertahan lama. Kita usahakan DAK turun tahun depan untuk perbaikan jalan itu. Dana untuk seluruh kegiatan PUPR dari APBD Rp250 miliar,” jelasnya.

Ia mengatakan, kondisi kerusakan parah memang didominasi akibat kendaraan bertonasi besar termasuk di jalan alternatif. Dia mencontohkan jalan yang kapasitaslima ton justru dilalui kendaraan bertonase 20 ton. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here