Pemprov Sumsel Bantu Pemkot Palembang Atasi Banjir

103
KELOLA BANJIR---Sekretaris Dinas Pengelolaan SDA Provinsi Sumsel Vivin Indira dan Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Pemeliharan PSDA Provinsi Sumsel Muzakir. (FOTO: SS1/Mardiansyah)

Palembang, SumselSatu.com

Untuk mengatasi masalah banjir di kota Palembang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumsel tahun ini membantu Pemerintah Kota Palembang melakukan pengendalian banjir dengan mengucurkan anggaran sebesar Rp18 miliar.

Sekretaris Dinas Pengelolaan SDA Provinsi Sumsel Vivin Indira Sari mengatakan, di 2018 ini pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk membantu Palembang mengatasi masalah banjir melalui program pengendalian banjir.

Mengingat, tahun ini Palembang menjadi tuan rumah pesta olahraga skala internasional, Asian Games.

“Kita tahun ini juga melakukan pengendalian banjir untuk di Kota Palembang. Tahun ini pengendalian itu sendiri dianggarkan Rp18 miliar,” ujar Vivin saat ditemui di Pemprov Sumsel, Selasa (4/4/2018).

Dikatakan Vivin, untuk pengendalian banjir yang dilakukan tahun ini di Kota Palembang tersebar di enam titik. Keenam lokasi tersebut adalah Sungai 5 Ulu, Sungai 15 Ulu, Seberang Ulu, Daerah Aliran Sungai (DAS) Bendung, DAS Sekanak dan terakhir DAS Borang.

“Jadi tahun ini kita akan melakukan pengendalian banjir di Kota Palembang di enam titik tersebut,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Pemeliharan PSDA Provinsi Sumsel Muzakir menambahkan, untuk pengerjaan pengendalian banjir tersebut dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan sistem pengangkatan atau dikeruk dan kedua dengan cara memperkuat dinding-dinding sungai.

“Pengerjaannya yang dilakukan di enam titik ini pun bisa dikerjakan di sungai sampai di anak-anak sungai,” tutup Muzakir. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here