Penyakit AIDS di OKU Meningkat

49
Ilustrasi

Baturaja, Sumselsatu.com – Pengidap penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengalami peningkatan sebanyak 68 orang dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Pembubaran lokalisasi di Kelurahan Sepancar, Kecamatan Baturaja Timur, pada 2012 ikut menjadi penyebab meningkatnya penderita penyakit seks menular.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Suharmasto didampingi Kabid Pemberantasan Penyakit Andi Prapto mengatakan, pada tahun 2016 pengidap HIV/AIDS berjumlah 68 orang, 35 mengalami HIV dan 33 penyakit AIDS. Dari jumlah itu yang meninggal dunia sebanyak 11 orang.

“Itu data sejak tahun 2008 sampai 2016. Penyebabnya karena rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dalam memeriksakan diri di sejumlah klinik Volunteri Conseling and Testing (VCT) yang ada di rumah sakit umum dan Puskesmas Lubuk Batang,” kata Suharmasto, kemarin.

Untuk meminimalisir penyebaran HIV dan AIDS mereka sudah membentuk tim pelacakan bagi masyarakat yang sudah dinyatakan positif untuk kemudian diberikan pembinaan.

“Melalui tim ini kami lebih mudah melakukan pemantauan bagi penderita HIV dan AIDS. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi akan bahaya penyakit ini,” pungkasnya. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here