Thailand Gelar MotoGP 2018, Bagaimana Nasib Jakabaring?

203
Maket Motocross Jakabaring

Bangkok, Sumselsatu.com – Thailand akhirnya mencapai kesepakatan dengan promotor MotoGP, Dorna, untuk menggelar balap Grand Prix motor premium itu dalam MotoGP 2018. Thailand terikat kontrak untuk menggelar MotoGP selama tiga tahun di Sirkuit Buriram.

Pergelaran pertama MotoGP Thailand akan digelar 5-7 Oktober 2018. Kesepakatan antara Dorna dengan The Sports Authority of Thailand (SAT) sebagai panitia penyelenggara MotoGP Thailand, dicapai pada akhir pekan lalu di Roma, Italia.

Seperti dilansir Bangkok Post, Selasa (6/6/2017), pemimpin SAT Sakol Wannapong dan eksekutif Dorna Sports mencapai kesepakatan dalam pertemuan di sela-sela MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, pada akhir pekan lalu.

SAT mengatakan MotoGP Thailand akan digelar pada 5-7 Oktober 2018. Balapan bakal berlangsung di Sirkuit Internasional Buriram. Menurut SAT, jadwal MotoGP Thailand adalah sebelum balapan di Jepang, Australia, dan Malaysia.

Dorna Sports belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait MotoGP Thailand pada 2018. SAT mengklaim Dorna Sports akan mengirimkan surat konfirmasi resmi kepada mereka dalam waktu dekat. Bangkok Post juga melaporkan MotoGP 2018 akan menggelar 20 seri, termasuk tiga tuan rumah baru, yakni Thailand, Kazakstan (Sokol), dan Finlandia (KymiRing).

Jika berita tersebut benar, artinya ada satu tuan rumah musim 2017 yang akan terlempar. Dari 18 seri yang ada di kalender MotoGP 2017, hanya Jerez dan Red Bull Ring yang kontraknya habis pada akhir musim ini.

Selain itu, Indonesia juga harus gigit jari karena tak bisa menggelar MotoGP pada 2018. Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, sebelumnya sudah menegaskan MotoGP tak akan menggelar lebih dari 20 seri per musim. Sebelumnya, wacana Indonesia menggelar MotoGP 2018 masih belum jelas. Yang terakhir, venue balapan akan mengambil tempat di Palembang, Sumatera Selatan. Namun sirkuit di Jakabaring belum siap. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here