Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Unsri Gandeng Khon Kaen University

100
KUNJUNGAN-Mahasiswa Unsri saat melakukan kunjungan akademik di Thailand dan Malaysia.

Palembang, SumselSatu.com

Program Pascasarjana Ilmu Tanaman dan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (Unsri) mengadakan fieldtrip ke Thailand dan Malaysia selama lima hari, yakni pada tanggal 26-30 Maret 2018. Kunjungan akademik bersama Travelogin ini bukan hanya bermanfaat antarmahasiswa, tetapi juga bermanfaat antar dosen. Sehingga disaat bersamaan mahasiswa belajar dan dosen melakukan rapat untuk kerja sama antara Unsri dan Khon Kaen University.

Ketua Prodi Agribisnis Dr Ir Muhammad Yazid, MSc, menjelaskan, alasan memilih Khon Kaen University menjadi tujuan kunjungan akademik, karena Khon Kaen University merupakan salah satu research university terbaik di Thailand yang memiliki keunggulan di bidang pertanian. Sehingga dinilai layak untuk diajak kerja sama, baik di bidang akademik maupun pengembangan skill, khususnya bidang agribisnis.

“Khon Kaen University, merupakan salah satu research university terbaik di Thailand, memiliki keunggulan di bidang pertanian yang patut diajak kerjasama baik akademik maupun pengembangan skill khususnya di bidang Agribisnis,” kata Yazid, Kamis (5/4/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 22 mahasiswa dan tujuh pendamping baik dekan, dosen dan staff Fakultas Pertanian. Momentum kunjungan akademik ini pun dimanfaatkan dengan baik, sehingga selama kunjungan pihak Unsri melakukan rapat bersama pihak Khon Kaen University.

“Kunjungan akademik ini bertujuan agar Khon Kaen University menjadi untuk penyelenggaraan Double Degree Program Magister, kerja sama penyediaan dana bagi penelitian mahasiswa S2 dan S3, program bimbingan tugas akhir atau skripsi, dan publikasi bersama,” terangnya.

Sementara Ketua pelaksana Kunjungan Akademik Muhammad Yuanza menuturkan, selama kunjungan akademik para mahasiswa banyak melakukan observasi, mulai dari fasilitas hingga produk olahan Agribisnis. Disana mereka melakukan benchmark mengenai fasilitas pertanian. Selama campus tour, mahasiswa terkesima dengan fasilitas kampus. Khon Kaen University memiliki mall atau pusat perbelanjaan yang cukup besar, selain itu kampus ini memiliki museum sendiri di dalamnya.

“Nah, untuk area Agribisnis, mereka punya supermarket yang menjual produk yang mereka produksi sendiri seperti yoghurt, puding, es krim, dan juga produk kecantikan seperti body lotion dan sabun.” terang Huanza.

Sementara itu, salah satu mahasiswa penerima beasiswa S2 dan S3 PMDSU Unsri Khairul Fahmi mengatakan, dirinya dan beberapa mahasiswa lain merasa senang bisa melakukan kunjungan akademik di Khon Kaen University. Selama di sana ia banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sebelumnya belum didapat.

Insya Allah banyak ilmu yang didapat selama kunjungan ini. Belajar langsung mengenai pertanian dan agribisnis. Totalitas pertanian di Thailand benar-benar patut dicontoh,” pungkasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here