Tunas Integritas : Banyak Praktek Korupsi di Indonesia, Dimulai dari Perencanaan

42
Harrey Hadi saat menjadi fasilitator workshop Tunas Integritas.

Palembang, SumselSatu.com

Sebagai upaya menanamkan nilai-nilai integritas dan sikap anti korupsi kepda jajaran aparatur sipil Negara, Pemerintah kota Palembang kembali melaksanakan tunas integritas. Tunas Integritas kali ini diperuntukkan untuk seluruh kasubag perencanaan di lingkungan pemerintah kota Palembang (eselon IV).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bappeda Litbang kota Palembang ini berlangsung selama dua hari. Dalam dua hari ini para peserta ditempah untuk menanamkan budaya integritas dalam pekerjaanya, dan menjadi ujung tombak dalam memerangi korupsi.

Sekda kota Palembang yang juga ketua Tunas Integritas Kota Palembang Harobin Mastofa mengungkapkan, pelaksanaan Tunas Integritas bagi jabatan Kasubag Perencanaan ini, digelar sebagai komitmen Pemerintah kota Palembang dalam menanamkan nilai integritas bagi pejabat dan pegawainya.

“Alhamdulillah, saat ini Palembang mendapat apresiasi dari KPK RI sebagai daerah yang komitmen terhadap pencegahan korupsi dan penananaman nilai integritas, komitmen inilah yang terus kami jaga, dengan tunas integritas yang kita laksanakan diharapkan mampu menjadi penguat nilai itu di dalam diri para peserta, sehingga Palembang Emas bisa kiota wujudkan bersama,” ungkap Harobin.

Sementara itu, kepala Bappeda Litbang Kota Palembang yang bertindak sebagai salah satu fasilitator dalam kegiatan tersebut, Harry Hadi mengatakan, Kota Palemnbang merupakan kota pertama yang menyelenggarakan tunas integritas hingga ke pejabat eselon IV.

“Kita sudah menyelenggarakan tunas integritas untuk eselon II, lalu dilanjutkan dengan eselon III, dan hari ini lanjut ke eselon IV, dan Palembang yang pertama kali melaksanaknnya” kata Harrey Hadi.

Disinggung mengapa Kasubag Perencanaan yang dipilih menjadi peserta, Hareey menjelaskan karena kebanyakan praktek korupsi dimulai dari perencanaan.

“Banyak praktek korupsi di Indonesia ini dimulai dari perencaan, maka dari itu kita bentengi para kasubag perencanaan ini dengan nilai-nilai integritas, sehingga dijauhkan dari praktek korupsi,” terang Harrey. #yud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here