Warga SAD Tebing Tinggi Diberdayakan di Kebun Kelapa Sawit

67
BERDIALOG - EM Sei Kepayang PT Lonsum Tbk menyambangi dan berdialog di rompok warga SAD Desa Tebing Tinggi Kecamatan Nibung Kabupaten Muratara. Yang akan memberdayakan mereka di kebun kelapa sawit berdasarkan keinginan warga SAD.

Muratara, SumselSatu.com

Keinginan warga Suku Anak Dalam (SAD) Tebing Tinggi Kecamatan Nibung Kabupaten Muratara bekerja dan memiliki pendapatan tetap. Disambut PT Lonsum Tbk Sei Kepayang dengan memberdayakan mereka di kebun kelapa sawit.

Estate Manager PT Lonsum Tbk Sei Kepayang Kecamatan Nibung, Bambang Hermanto mengatakan warga Suku Anak Dalam (SAD) sama seperti masyarakat lain pada umumnya. Mereka patut mendapatkan perhatian oleh Pemkab dan stakeholder lainnya.

Sehingga, pihaknya senantiasa melakukan pembinaan, bersilaturahmi dan merangkul mereka dengan turun langsung ke rompok-rompok (pemukiman) mereka.

“Sering saya turun langsung berkomunikasi dengan warga SAD di rompok-rompok mereka. Mayoritas mereka mengutarakan keinginan dapat bekerja untuk mendapatkan penghasilan tetap,” tegas Bambang Hermanto. Minggu (26/11/2017).

Menurutnya, selama ini warga SAD bekerja musiman di lokasi kebun kelapa sawit plasma. Menggumpulkan sisa buah kelapa sawit yang terlepas (berondolan). Sehingga, pendapatan tidak menentu karena melihat hasil buah kelapa sawit yang ada.

“Kita sambut keinginan mereka yang ingin kerja. Kita siap memberdayakan warga SAD dan telah dilakukan inventarisir jumlah warga SAD yang ada bekerjasama aparatur pemerintah setempat,” jelas dia.

Bambang menjelaskan pihaknya saat ini menstimulasi memberdayakan warga SAD dalam kebun kelapa sawit. Sehingga, mereka memiliki pendapatan tetap dan bisa mensejahterakan kehidupan mereka. Saat ini tim sedang membahas pemberdayaan warga SAD untuk di kebun kelapa sawit.

“Manajemen Sei Kepayang Estate sedang merumuskan. Bagaimana memberdayakan warga SAD. Sehingga, mereka dapat bekerja di kebun kelapa sawit sesuai dengan karakter kehidupan mereka sehari-hari,” ujar Bambang Hermanto.

Sementara itu, Mus Perwakilan Warga SAD Desa Tebing Tinggi sekaligus yang dituakan di rompok SAD Tebing Tinggi mengaku warga SAD selama ini bekerja musiman dan tidak ada penghasilan tetap. Karena hanya mengambil sisa kelapa sawit yang terlepas dari janjang buah.

“Kita ingin kerja dan memiliki pendapatan tetap. Sehingga, bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan warga SAD menyambut baik PT Lonsum yang akan memberdayakan warga SAD di perkebunan kelapa sawit,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here