Ziarah Kubro Angkat Citra Palembang Sebagai Kota Darussalam

122
Harnojoyo (peci hitam depan) bersama ulama dan masyarakat berjalan menuju pemakaman Al Habib di Kawah Tengkurep pada acara ziarah kubro, Minggu (6/5). (FOTO: IST)

Palembang, SumselSatu.com

Kegiatan ziarah kubro di Palembang telah menjadi agenda tahunan yang senantiasa diikuti ribuan umat Muslim dari dalam dan luar negeri. Untuk tahun 2018, ziarah kubro yang dilaksanakan, Minggu (6/5/2018), berlangsung lancar dan tertib. Agenda ini dinilai sangat mengangkat citra Palembang sebagai kota darussalam.

“Saya selalu hadir setiap ziarah kubro, kegiatan ini sangat positif, mengangkat citra Palembang sebagai kota darussalam,” kata H Harnojoyo, calon incumbent pada Pemilukada Kota Palembang, saat mengikuti kegiatan tersebut.

Tampak ribuan umat Muslim berbaur tanpa memandang status sosial. Ulama, pejabat, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum bersama-sama mengikuti jalannya acara dengan khidmat. Sambil terus mengumandangkan shalawat, ribuan peserta ziarah kubro berjalan menuju tempat pemakaman Al Habib Pangeran Syarif Ali Bsa, di Kawah Tungkurep, Kota Palembang.

Harnojoyo mengungkapkan, kehadirannya pada acara ziarah kubro sebagai bentuk apresiasinya terhadap kegiatan wisata religi yang telah mendunia ini. Menurut Harnojoyo, kegiatan ziarah kubro ini juga sejalan dengan visinya mewujudkan Palembang Emas Darussalam 2018-2023.

“Kepemimpinan kami lima tahun ini mengusung visi Palembang Emas 2018-2023 mendatang, kami mengusung visi Palembang Emas Darussalam, cita-cita semua masyarakat Palembang, dan ziarah kubro ini sangat sejalan dengan visi tersebut,” ujar Harnojoyo.

Dia menambahkan, selain sebagai identitas Kota Palembang darussalam yang madani, ziarah kubro juga menjadi daya tarik tersendiri untuk memancing wisatawan datang ke Palembang.

“Banyak wisatawan yang hadir ke sini saat ziarah kubro, sebagai kota yang sangat bergantung terhadap tamu yang datang, tentu kegiatan ini membawa berkah,” tambah Harnojoyo.

Pantauan di lapangan, sejak Subuh, para ulama, habib, dan kyai beserta masyarakat mulai berkumpul di Masjid Darul Muttaqien, Pasar Kuto, Palembang. Di sinilah titik kumpul para peziarah sebelum melakukan arak-arakan menuju pemakaman Al Habib. #yud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here