Hingga Akhir 2018, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir

19

Palembang, SumselSatu.com

Curah hujan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) relatif masih berubah-ubah dari ringan hingga berat. Periode 28 hingga 31 Desember 2018, hujan akan turun dalam potensi lebat disertai petir.

“Untuk masyarakat yang akan berlibur harap diperhatikan masalah cuaca selama perjalanan yang bisa diakses melalui website BMKG atau melalui aplikasi di android,” kata Staf Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Palembang, Dara, saat diwawancarai, Rabu (26/12/2018).

Staf Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Palembang, Dara. (FOTO: SS1/YANTI)

Dara menambahkan, untuk masyarakat yang akan berlibur ke wilayah Bangka atau wilayah Jawa yang menggunakan transportasi air, perlu memperhatikan kondisi gelombang.

“Untuk wilayah Selat Sunda gelombangnya tercatat cukup tinggi di kisaran 2,5 meter, itu perlu untuk diperhatikan. Untuk wilayah Selat Bangka sendiri, baik selatan maupun utara, tercatat cukup aman di kisaran tinggi gelombang setengah meter,” ujar Dara.

Ditanya terkait suara dentuman aneh yang menghebohkan masyarakat di kawasan OKU selama dua hari terakhir, Dara mengaku untuk saat ini tidak ada sensor BMKG yang mencatat bila suara itu itu disebabkan oleh kegiatan seismik atau kegempaan.

“Jadi untuk saat ini tidak ada data mengenai hal itu, secara kegempaan datanya tidak ada dan tidak tercatat,” ujarnya.

Dara menduga, dentuman ini bisa saja disebabkan oleh kegiatan lain. Yang pasti secara data BMKG itu tidak tercatat. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here