Jadikan Pancasila Ajang Pemersatu Bangsa

18
IKUT UPACARA-Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati OKI, Sabtu (1/6/2019).  

Kayu Agung, Sumselsatu.com

Meski peringatan Hari Kelahiran Pancasila jatuh pada masa libur lebaran, namun masih banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti upacara di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu (1/6/2019).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini harus dilakukan jelang libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2019. Kendati begitu, masih banyak PNS OKI yang menghadiri upacara tersebut.

Pantauan di lapangan, banyak PNS yang berbondong-bondong mengikuti upacara. Upacara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Para PNS tampak berbaris rapi. Masing-masing mereka memakai baju Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) biru lengkap dengan peci bagi pria. Sementara undangan para pejabat eselon II duduk di balkon kantor Bupati OKI.

Tidak hanya PNS OKI, upacara ini juga diikuti dua orang pegawai dari instansi lain, masing-masing dari Kementerian ESDM dan pegawai Pemprov DKI Jakarta. Hal ini karena PNS yang telah mengambil cuti dan mudik ke kampung halaman pun wajib mengikuti upacara.

Bupati OKI H Iskandar, SE, yang bertindak selaku inspektur upacara tampak membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dia berpesan untuk tetap menjadikan Pancasila sebagai ladasan ideologi bangsa dan menjadi pemersatu bangsa.

“Jadi jangan hanya dihapal di lisan, namun ditanam di dalam hati. Pancasila menjadi pemersatu kita,” kata Iskandar.

Setelah upacara, bupati bersama forum FKPD melakukan pelepasan angkutan lebaran gratis bagi masyarakat. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here