Penyerapan Anggaran Pemprov Sumsel Masih Rendah

19
Ketua DPRD Sumsel M Aliandra Pati Gantada

Palembang, SumselSatu.com

Pekerjaan sejumlah proyek infrastruktur khususnya perbaikan jalan yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumsel tahun 2019 belum juga dilaksanakan. Ini menunjukkan jika penyerapan anggaran oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel masih sangat rendah.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumsel M Aliandra Pati Gantada, Rabu (22/5/2019). Menurut Gantada, dewan menyayangkan lambannya kinerja dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) teknis di lingkungan Pemprov Sumsel, khususnya PU Bina Marga, PU PSDM dan PU Tata Ruang. Dewan menilai, ketiga OPD teknis tersebut masih rendah dalam penyerapan anggaran tahun 2019 ini.

“Dananya sudah ada, jadi tidak ada alasan menunda pekerjaan itu. Pekerjaan itu harus segera dilaksanakan sehingga sesuai dengan visi misi dari gubernur itu sendiri,” ungkap Gantada.

Saat ditanya apa yang menjadi kendala tertundanya sejumlah pekerjaan infrastruktur itu, dikatakannya, dari informasi yang disampaikan pihak OPD bahwa pekerjaan-pekerjaan infrastruktur masih dalam tahap pelengkapan administrasi dan persiapan lapangan.

“Ya kita tunggu saja dalam beberapa pekan ini, dapat dilaksanakan atau tidak pekerjaan itu. Pekerjaan itu penting karena kebutuhan rakyat yang sudah mendesak. Rakyat sudah tidak sabar menunggu jalan-jalan di daerah mereka bagus dan mulus,” kata Gantada.

Gantada meminta, Pemprov Sumsel khususnya OPD-OPD teknis yang ada dapat bekerja ekstra cepat di waktu yang tersisa.

“Ini masih ada waktu, ya kita berharap agar dapat selesai dengan cepat dan kualitas yang baik sehingga dapat dinikmati masyarakat dalam jangan waktu yang lama. Jangan karena ingin cepat selesai maka pekerjaan sembarangan. Waktu masih tiga bulan jadi kontraktor masih banyak waktu untuk bekerjakan,” pintanya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here