Telok Abang dan Hari Kemerdekaan

93
TELOK ABANG----Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat melihat pedagang Telok Abang di Jalan Merdeka, Palembang, Kamis (17/8/2017). (FOTO: SS1/Yudi)

Telok Abang yang unik dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

KAMIS (17/8/2017) adalah Hari Kemerdekan Indonesia Ke-72. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Dirgahayu Republik Indonesia, penjual Telok Abang bermunculan di Kota Palembang. Kebanyakan mereka berjualan di Jalan Merdeka.

Ada mainan berbahan gabus dengan warna dominan merah dan putih. Ada yang berbentuk pesawat terbang, kapal laut, dan perahu. Mainan dengan telur rebus diberi pewarna merah itulah yang disebut Telok Abang.

Keceriaan tergambar di wajah sejumlah pedagang Telok Abang pada hari peringatan Kemerdekaan Indonesia kemarin. Iya, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menyempatkan diri menemui mereka.

Adalah Risma. Dia salah seorang pedagang Telok Abang yang merasa senang didatangi Wakil Walikota Palembang yang dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Alhamdulillah, kedatangan Ibu Wakil Walikota ini membawa keberuntungan, banyak yang beli,” ujar Risma sumringah.

Telok Abang memang menjadi salah satu ikon di Kota Palembang saat Hari Kemerdekaan. Rasanya tidak lengkap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Palembang tanpa Telok Abang.

“Mainan Telok Abang ini sepertinya menjadi tradisi bagi Kota Palembang dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI. Keberadaannyapun terbilang melegenda,” ujar Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, saat meninjau penjualan Telok Abang sepanjang Jalan Merdeka.

Finda –panggilan akrab Fitrianti Agustinda- mengatakan, Telok Abang yang unik dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

“Bisa menjadi pariwisiata unik,” kata perempuan yang pernah menjabat Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang tersebut.

Kedatangan istri Dedy S di lokasi penjualan Telok Abang kemarin seolah memberi magnet tersendiri bagi para pengguna jalan dan pembeli. Tidak saja sekedar berhenti ingin melihat Finda, sejumlah wargapun membeli kerajinan tangan yang unik tersebut.

“Saya senang melihat anak-anak di sekitar pedagang yang gembira ketika saya memberikan  mainan kapal yang berisi Telok Abang ini,” kata Finda. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here