3 Mesin Sedot Air Sungai Bendung Beroperasi

14
POMPANISASI----Sekda Palembang Ratu Dewa bersama pegawai PU-PR Palembang memantau proyek Pompanisasi Sungai Bendung, Palembang, Kamis (20/12/2019). (FOTO: SS1/IST/HUMAS.PEMKO PALEMBANG)

Palembang, SumselSatu.com

Sebanyak tiga mesin pompa air di proyek pompanisasi Sungai Bendung beroperasi. Pompa itu menyedot air dari kolam retensi yang tidak jauh dari muara sungai di Jalan Ali Gatmir, Palembang, dan dialirkan ke Sungai Musi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa mengatakan, tiga mesin pompa dengan daya sedot 18 ribu liter perdetik tersebut diharapkan menjadi jalan keluar terjadinya banjir di sebagian Kota Palembang.

“Saat ini sudah masuk musim hujan. Dua pekan ini intensitas hujan cukup tinggi dan menyebabkan genangan air di beberapa wilayah di kota ini,” ujar Dewa, Kamis (19/12/19).

Dia mengatakan, berdasarkan perintah Walikota Palembang, hari ini, pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Palembang memantau persiapan dan progres pembangunan pompanisasi yang telah dikerjakan sejak 2016 tersebut.

“Sekarang sudah masuk tahap finishing, dengan progres sekitar 96 persen. Pekan depan ujicoba operasional akan dilakukan langsung Walikota Palembang,” kata mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang tersebut.

Kepala Dinas PU-PR Palembang Bastari Yusak menambahkan, pihaknya akan kembali melakukan ujicoba selama beberapa hari ke depan.

“Pada 30 Desember ini ujicoba akan langsung dilihat Walikota Palembang. Mudah-mudahan tahun depan tidak ada lagi genangan air di beberapa titik, seperti PTC, Simpang Polda, Sekip, dan lainnya,” kata Bastari. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here