Cegah Terorisme, Kades Harus Lapor Perilaku Menyimpang

66
Wakil Bupati OKU Johan Anuar di sela kegiatan peletakan batu pertama Gedung Serbaguna di Desa Mitra Kencana Kecamatan Peninjauan pada Kamis (14/12/2017) lalu.

Baturaja, SumselSatu.com

Untuk mencegah ancaman adanya Terorisme, Polsek Peninjauan melakukan sosialisasi dengan dengan pihak pemerintahan kecamatan dan para tokoh agama, tokoh masyarakat yang dipusatkan di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Sosialisasi ancaman gangguan keamanan dan terorisme tersebut di hadiri oleh Kapolsek Peninjauan AKP Rachmad Haji, Camat KPR Zahrudin, para Kades dan tokoh masyarakat se-kecamatan KPR.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Peninjauan AKP Racmad Haji mengatakan, sosialisasi ini dilakukan, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dan terpancing dari kegiatan yang menyebarkan faham radikalisme ataupun torerisme.

Beberapa poin penting disampaikan pihaknya seperti soal peningkatan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) disetiap wilayah desa. Juga yang terpenting aga masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan keamanan guna mencegah masuknya pihak-pihak luar/asing yang ingin menyebarkan kekerasan termasuk teroris.

“Sosialisasi ini kita lakukan agar masyarakat tidak terprovokasi oleh pihak – pihak yang ingin menyebarkan paham radikalisme dan intoleransi melalui Kepala Desa masing – masing,” kata Kapolsek.

Selain itu, kata perwira berpangkat balok tiga ini,  pihaknya juga menghimbau masyarakat agar tidak mudah terhasut oleh berita – berita hoax. Ataupun hal lainnya yang disebarkan melalui perkembangan media sosial atau internet.

Dari beberapa point tersebut, sambung dia pihaknya menekankan agar masyarakat berpartisipasi dalam upaya deteksi dini gangguan keamanan. Serta segera melaporkan setiap adanya tindakan atau hal-hal yang mencurigakan.

“Kita tidak lama lagi akan menghadapi perayaan Natal dan Tahun, kewaspadaan harus ditingkatkan dari waktu kewaktu. Selain itu sebentar lagi kita akan masuk ditahun 2018 diimana banyak agenda Politik, sehingga kita harapkan masyarakat dapat terus menjaga situasi keamanan yang kondusif. Apabila terlihat adanya perilaku dari masyarakat yang menyimpang agar segera memberitahukan kepada pihak Kepolisian terutama Babinkamtibmas diwilayah desa masing – masing,” tegasnya.

Semenatara Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs Johan Anuar, SH MM, menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap orang yang tidak dikenal.

“Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, agar masyarakat waspada terhadap orang tak dikenal, apalagi belakangan ada informasi bahwa masih ada buronan teroris yang berkeliaran,” himbau Wakil Bupati OKU Johan Anuar pada kesempatan peletakan batu pertama Gedung Serbaguna di Desa Mitra Kencana Kecamatan Peninjauan pada Kamis, (14/12/2107). #ori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here