Harga Bawang Putih di Palembang Sudah Rp50 Ribu/Kilogram

37

Palembang, SumselSatu.com

Harga bawang putih di Palembang naik hingga Rp50.000/kilogram (kg) sepekan terakhir. Untuk menstabilkan harga tersebut, kini pemerintah menggelar operasi pasar di sejumlah daerah.

Kenaikan ini menjelang bulan suci Ramadhan. Tidak hanya bawang putih, sejumlah sembilan bahan pokok (sembako) juga mengalami kenaikan cukup signifikan.

Harga bahan pokok pangan dan sembako rumah tangga mengalami kenaikan. Kenaikan harga didominasi oleh bawang putih dan ayam.

“Kami bersama Gubernur Sumsel sudah survei ke lapangan, Sabtu (27/4/2019). Memang ada kenaikan, tapi masih pada taraf wajar. Namun, harga bawang putih yang melonjak naik hingga 50 ribu rupiah per kilogram,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Zuriyati, Kamis (2/5/2019).

Dia juga mengimbau untuk para pedagang agar membeli bawang putih di distributor dan harga jual juga sudah ditentukan. Menurutnya, harga bawang putih di tingkat penjual sebesar Rp22 ribu per kilogram.

“Jadi pedagang tidak boleh menjual lebih dri 30.000 ribu rupiah per kilogram,” tegasnya.

Karena itu, Dinas Perdagangan Kota Palembang bekerja sama dengan Satgas Pangan dari pihak Kepolisian dan juga Tim Penanggulangan Inflansi Daerah yang dipimpin oleh Bank Indonesia (BI), untuk menekan harga sembako

“Tugas kita itu mengawasi harga bahan pokok dan menjaga stabilitas harga, serta ketersediaannya. Jangan sampai ada penimbunan nantinya. Kita mengawasi karena pasar didominasi oleh Pemerintah Kota Palembang, kita awasi setiap hari dan kita laporkan melalui online ke Kementerian dan Bank Indonesia sehinggga bisa dipantau,” pungkas dia.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan (Sumsel) Yustianus menyebut bawang putih disebar di sejumlah pasar untuk stabilkan harga pasar. Jumlahnya cukup banyak, yakni mencapai 30 ton.

Yustianus mengatakan kenaikan harga bawang putih di sejumlah pasar Palembang sudah terlihat sejak akhir Maret, bahkan jauh di atas harga normal

“Untuk harga normal itu di kisaran Rp20 ribu/kg dan sekaramg harga sudah sampai Rp50 ribu. Artinya ini sudah tinggi, harus distaabilkan dengan melakukan operasi pasar, khusus bawang putih,” imbuhnya.

Di Palembang bawang putih sangat dibutuhkan sebagai salah satu bahan baku kuliner pempek. Bahkan dalam per hari, tercatat hampir 10 ton bawang putih terjual. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here