Kurbanesia DD Sumsel, Permudah Pekurban Tentukan Lokasi Sebaran

54
Pimpinan Cabang DD Sumsel, H Kusworo Nursidik, Lc, saat memberikan cindera mata kepada donatur.

Palembang, SumselSatu.com – Tahun ini, Dompet Dhuafa (DD) Sumsel kembali menggelar program tebar hewan kurban bertajuk Kurbanesia. Program yang telah dimulai sejak 1994 silam ini, akan menyasar penyembelihan dan pendistribusian daging kurban ke daerah terpencil dan minus yang ada di Sumatera Selatan.

Menurut Pimpinan Cabang DD Sumsel, H Kusworo Nursidik, Lc, melalui program Kurbanesia DD Sumsel, pihaknya memberikan kemudahan bagi para calon pekurban untuk berkurban dan menentukan daerah sebaran yang diinginkan.

“Konsep program ini adalah membagi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang berada di lokasi terpencil. Selain itu kita berikan kesempatan kepada pekurban untuk menentukan daerah mana hewan kurbannya mau disembelih dan disebarkan”, ujar Kusworo saat jumpa pers dengan awak media di Kedai Ciman, Jl Angkatan 66 Palembang, Kamis (25/8/2017).

Selain bernilai ibadah secara vertikal, kurban ini juga mempunyai misi sosial. “Melalui program Kurbanesia, setidaknya banyak hal yang akan kita hidupkan. Seperti menghidupkan kembali semangat gotong royong, sosial dan ekonomi. Mengapa? Karena, yang kita kirim ke lokasi adalah hewan kurban hidup, yang menyembelihnya orang di sekitar lokasi tersebut dan panitianya pun masyarakat setempat. Bahkan kambingnya pun, kita usahakan dibeli dari peternak binaan DD Sumsel, yang paling dekat dengan lokasi”, bebernya.

Sehingga menurutnya, dengan berdonasi via progra THK DD Sumsel ini, akan menggerakkan banyak hal. “Kita hanya mengirim satu tim PIC, yang bertugas memantau dan mendokumentasikan saja, untuk bahan laporan ke pekurban”, tambahnya lagi.

Hingga H-7, DD Sumsel sendiri telah berhasil menghimpun sebanyak 2 ekor sapi dan 38 ekor kambing. Sedangkan target lokal tahun ini sebanyak 200 hewan ternak, ekivalen kambing/domba.

Beberapa daerah yang menjadi prioritas sasaran adalah daerah pinggiran Kota Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir hingga OKU Timur. Sementara target sebaran secara nasional, yakni 25 Provinsi, 150 Kabupaten/kota, 700 kecamatan dan 2500 kelurahan/desa.

Paket kurban sendiri terdiri Kambing/Domba standar seharga Rp.1.975.000, Kambing/Domba Premium Rp2.350.000 serta Sapi Rp13.500.000. (min/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here