Palembang Juara Video Pasar Tradisional Aman Covid-19

36
LOMBA---Video meeting Lomba Video Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Kemendagri RI. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Pemerintah Kota (Pemko) Palembang menjadi Juara III Lomba Video Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Perlombaan itu diadakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Alhamdulillah kita (Pemko Palembang-red) meraih juara se-Indonesia di Sektor Pasar Tradisional,” ujar Edison, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Palembang, ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (23/6/2020).

Edison menyampaikan, ada tujuh sektor yang dilombakan. Yakni, sektor perhotelan, pasar tradisional, pasar modern, pelayanan terpadu satu pintu, restoran, transportasi umum, dan tempat wisata.

Perlombaan melalui video meeting atau pertemuan melalui video itu, dibuka Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian.

Edison mengungkapkan, tim kreatif Diskominfo Palembang harus berlomba dengan waktu untuk membuat dan menyelesaikan video yang menang dalam perlombaan.

Dikatakan Edi, tim kreatif terdiri dari lima orang. Ia pun bangga tim kecil dapat menciptakan video itu dalam waktu singkat.

“Ini hasil karya tim khusus dari Diskominfo Palembang,” tambah pria yang pernah menjabat Camat Sematang Borang Palembang itu.

“Hari pertama kami membuat script (naskah-red) videonya, dan pengerjaan video di lapangan sekaligus editing kami kerjakan selama dua hari,” tambah Edi.

Edi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang itu menilai video yang dibuat pihaknya cukup sederhana. Video itu mengedukasi warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan (Protkes) guna mencegah penyebaran Virus Corona.

“Semuanya memang menerapkan protokol kesehatan yang memang ditentukan oleh WHO, mulai dari cuci tangan, penggunaan masker, physical distance ataupun social distancing. Semuanya itu diterapkan,” terang Edi.

Selain itu, ada tampilan kegiatan belanja yang sebelumnya memesan melalui pesan di WhatsApp (WA). Melalui video tersebut, kata Edi, pihaknya mengajak masyarakat dapat terus mematuhi protkes untuk melawan Covid-19.

“Kami berharap semua masyarakat dapat terus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Edison. #nti

PEMENANG LOMBA VIDEO INOVASI DAERAH TATANAN NORMAL BARU PRODUKTIF DAN AMAN COVID-19, SEKTOR PASAR TRADISIONAL BERDASARKAN KLASTER:

KLASTER PROVINSI:

  1. Bali
  2. Sulawesi Selatan
  3. Lampung

KLASTER KOTA:

  1. Bogor
  2. Semarang
  3. Palembang

KLASTER KABUPATEN:

  1. Banyumas
  2. Lumajang
  3. Semarang

KLASTER KABUPATEN TERTINGGAL:

  1. Limbata
  2. Seram Bagian Barat
  3. Pesisir Barat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here