Partisipasi Masyarakat Ikut Pilkades Muratara Capai 90 Persen

83
BOPONG-Seorang nenek berusia 99 tahun dibopong anaknya untuk mengikuti Pilkades di Desa Belani Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara, Senin (4/12/2017).

Muratara, SumselSatu.com

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berlangsung tertib dan aman. Tingkat partisipasi masyarakat memilih dalam Pilkades mencapai 90 persen.

Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni mengatakan, untuk pelaksanaan Pilkades yang dimulai sejak, Senin (4/12/2017) berlangsung tertib dan aman di 25 desa secara serentak.

“Kita terima kasih kepada masyarakat yang turut menjaga Kamtibmas secara kondusif selama Pilkades. Termasuk aparat Polres Mura bersama jajaran Polsek-Polsek yang secara berkesinambungan mengawasi pelaksanaan Pilkades,” tegas Wabup Muratara H Devi Suhartoni, Selasa (5/12/2017).

Menurutnya, pelaksanaan Pilkades sendiri meliputi 25 desa. Di Kecamatan Nibung desa yang menggelar Pilkadas antara lain, Desa Jadi Mulya I​, Kecamatan Karang Dapo​, Desa Kerta Sari​ dan Desa Bina Karya. Kecamatan Karang Jaya Desa Embacang Baru. Sedangkan Kecamatan Muara Rupit ada enam desa, yakni Desa Karang Anyar, Desa Lubuk Rumbai Baru, Desa Beringin Jaya,Desa Maur lama, Desa Batu Gajah Baru dan Desa Noman Baru​.

Sementara, untuk Kecamatan Rawas Ilir, ada tujuh desa di antaranya Desa Beringin Makmur I​, Desa Mandi Angin​, Desa Beringin Sakti​, Desa Tanjung Raja​, Desa Belani,Desa Batu Kucing​, Desa Pauh 1​. Kemudian, Kecamatan Rawas Ulu ada enam desa meliputi, Desa Simpang Nibung Rawas, Desa Sungai Lanang​, Desa Pangkalan, Desa Pulau Lebar,Desa Lubuk Mas​ dan Desa Teladas​. Lalu, Kecamatan Ulu rawas, Desa Kuto Tanjung dan Desa Muara Kuis.

“Kita berikan apresiasi kepada masyarakat yang berperan dalam pelaksanaan Pilkades. Sehingga, berdasarkan catatan partisipasi masyarakat mencapai 90 persen. Terbukti di Desa Belani Kecamatan Rawas Ilir ada warga berusia 99 tahun mengikuti Pilkades hingga harus dibopong oleh anak kandungnya,” jelas dia.

Sementara itu, Kapolres Mura AKBP Bayu Dewantoro menegaskan, Polri berupaya memberikan pengamanan maksimal selama proses demokrasi Pilkades yang digelar di Kabupaten Muratara, dengan menerjunkan anggota yang cukup dan di-back up anggota Polsek yang tersebar.

“Kita berharap masyarakat tetap menjaga kondisi Kamtibmas yang kondusif. Siapapun menang itu hasil proses demokrasi sehingga, saling menghormati dan toleransi. Tujuannya ke depan membangun desa lebih maju dengan geliat pembangunan. Bukan menciptakan perpecahan di pemukiman masyarakat,” pungkasnya. #gky 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here