Ryamizard: Ormas yang Tidak Berasaskan Pancasila Silakan Pindah Negara

35
Menhan Ryamizard Ryacudu

Magelang, Sumselsatu.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu meminta organisasi masyarakat (ormas) yang tidak berasaskan Pancasila untuk meninggalkan negeri ini dan pindah ke negara lain.

“Ini (Indonesia) negara berasaskan Pancasila, kalau mau komunis ya ke China sana. Kalau mau liberal ke Amerika,” tegas Ryamizard usai menghadiri wisuda siswa SMA Taruna Nusantara, Kabupaten Magelang, Sabtu (15/7/2017) dikutip dari detikcom.

Mantan Panglima Kostrad itu juga mengaku mendukung pembubaran ormas-ormas radikal yang ada di Indonesia. Menurutnya, ada beberapa ormas yang dinilai tidak berasaskan Pancasila.

“Enggak banyak, beberapa. Hanya mengotor-ngotori saja di Indonesia. Yang tidak jelas dan bikin kacau seperti itu bubarkan saja,” katanya.

Dia menyebutkan, salah satu penyebab munculnya ormas-ormas yang tidak berasaskan Pancasila yaitu adanya paham radikal.

Terkait dengan penandatanganan Perpu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Undang-Undang Ormas Nomor 17 Tahun 2003 oleh Presiden Joko Widodo, Ryamizard mengaku mendukung. Meski demikian, dia tidak tahu kapan undang-undang tersebut disahkan dan diterapkan di Indonesia.

“Tidak tahu kapan peraturan itu bisa diterapkan, kalau mau saya ya diterapkan sekarang saja. Masih nunggu dari DPR, saya tidak ikut melobi, bukan tukang lobi, bukan orang politik,” pungkas dia. (min)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here