Sejarah Kelam Jangan Terulang Kembali

34
Upacara Bendera Mingguan, di Lapangan Apel Makodam II/Swj Palembang, Senin (25/9/2017).

Palembang, SumselSatu.com

Kodam II/Swj kembali mengajak seluruh warga masyarakat untuk menonton film Pengkhianatan G 30 S /PKI. Tujuan menonton film pengkhianatan G 30 S/PKI agar masyarakat, khususnya generasi muda mengetahui sejarah kelam masa lalu bangsa Indonesia dan jangan sampai terulang kembali, karena sangat menyakitkan.

Demikian disampaikan Asisten Perencanaan Kodam II/Swj Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto ketika bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara Bendera Mingguan, Senin (25/9/2017) di Lapangan Apel Makodam II/Swj Palembang.

Upacara bendera mingguan, yang bertepatan dengan minggu militer ini ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila dan Pengucapan Sapta Marga.

Guna merealisasikan perintah Pimpinan TNI, seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj diharapkan mendorong inisiatif Ormas, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuka desa, dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama nonton film pengkhianatan G 30 S/PKI, yang digelar Komando Kewilayahan di seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj.

Pada bagian lain, arahannya Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto juga menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk menghindari segala bentuk pelanggaran, terutama penyalahgunaan narkoba.

“Komitmen tegas Pimpinan TNI untuk menindak tegas setiap bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh oknum prajurit, dalam rangka menegakkan disiplin dan tertib hukum di lingkungan satuan jajaran TNI AD, khususnya Kodam II/Swj’, tandasnya.

Dijelaskan oleh Asrendam II/Swj bahwa belum lama ini, (20/9/2017) telah dilakukan upacara pemecatan / pemberhentian tidak dengan hormat dari dinas keprajuritan terhadap dua oknum prajurit.

Korem 043/Gatam, Lampung dalam kasus desersi dan penyalahgunaan narkoba. Dalam waktu dekat Kodam II/Swj juga akan melakukan pemecatan terhadap oknum prajurit yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba.

Hadir pada kesempatan upacara bendera mingguan, para Staf Ahli Pangdam II/Swj, LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj, para Asisten Kodam dan para Kabalak di lingkungan Makodam II/Swj serta segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj.

Selesai upacara bendera dilanjutkan dengan latihan defile yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Kegiatan defile ini memiliki tujuan antara lain untuk memperlihatkan kemahiran dan ketangkasan, memperlihatkan kekuatan dan kebesaran TNI sebagai potensi nasional dan kebanggaan nasional, menunjukkan kesetiaan kepada bangsa dan negara. #Ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here