Asian Triathlon, Tes Event Pertama Asian Games

47
Triathlon

Palembang, Sumselsatu.com – Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah 25th Asian Triathlon Championships 2017. Para kontestan sudah mulai berdatangan di Bumi Sriwijaya.

Asian Triathlon Championships 2017 akan digeber 21-23 Juli di Jakabaring Sport City (JSC). Ajang itu sekaligus dimanfaatkan sebagai test event Asian Games 2018.

Ajang ini bisa dikatakan yang pertama untuk tingkat internasional. Itu karena diikuti atlet-atlet peserta Asian Games 2018.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel Teddy Meilwansyah menjamin Gubernur Sumsel Alex Noerdin, akan hadir pada upacara pembukaan nanti. Perlombaan akan dimulai dengan kategori putri pada 21 Juli, kemudian dilanjutkan kategori putra 22, dan 23 Juli untuk kategori campuran. Tuan rumah optimistis ajang itu diramaikan 36 negara.

“Rencananya pembukaan nanti akan dihadiri langsung Presiden Triathlon, Menpora, Ketua Umum KOI dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin,” tutur Teddy, Selasa (18/7/2017).

Meski pelaksanaannya masih enam hari lagi, namun sejumlah atlet dan ofisial berbagai negara peserta mulai berdatangan di Palembang. Di antaranya, peserta dari Uzbekizthan dan Korea.

Meski dijadikan test event sekaligus, JSC tak mendapatkan kesempatan tersebut dengan gampang. JSC harus beradu lebih dulu dengan Kazakhstan yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah.

Teddy menilai JSC bisa memenangi voting di Jepang itu karena memiliki kawasan olahraga yang terletak di tengah kota dan Sumsel yang sudah berpengalaman panjang menggelar 37 event olahraga berkelas dunia.

“Panitia sudah melakukan persiapan baik fisik maupun non fisik, seperti danau sudah dibersihkan dengan kualitas air sudah baik. Sebagai tuan rumah Sumsel tidak main-main, segala persiapan terus dimatangkan untuk penyelenggaraan nanti,” kata Teddy. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here