Kabupaten Muratara Termasuk Kabupaten Peduli HAM

42
Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), H Syarif Hidayat

Muratara, SumselSatu.com – Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), H Syarif Hidayat mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diberikan langsung diberikan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasona Laoly.

Penghargaan diberikan langsung dalam peringatan hari HAM Sedunia ke-69. Yang akan diselenggarakan di Kota Solo pada tanggal 10 Desember mendatang. Direncanakan Presiden RI Jakowi hadir di acara tersebut.

Kasubid Pemajuan HAM Kanwil Provinsi Sumsel, Hamsir mengatakan dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel. Ada 15 Kabupaten/Kota yang diundang untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Untuk Pemkab Muratara sendiri mendapatkan penilaian sebagai Kabupaten yang peduli HAM bersama kabupaten lainnya yakni Kabupaten Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), Pagaralam dan Kota Prabumulih.

Sedangkan lainnya yakni, Kabupaten Empat Lawang, Kota Lubuklinggau, Palembang, OKI dan OKU Timur yang juga termasuk Kabupaten/Kota cukup peduli terhadap HAM.

“Penilaiannya dilakukan per 15 Oktober. Dengan data pendukung yang kita dapatkan dari Kabupaten Kota,  termasuk Muratara,” tegas Kasubid Pemajuan HAM Kanwil Provinsi Sumsel, Hamsir, Senin (20/11/2017).

Menurutnya, kriteria yang dimaksud yakni kriteria daerah kabupaten/kota peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Saya berharap ke depannya pencapaian penilaian itu ditingkatkan. Sehingga semua kabupaten/kota di Provinsi Sumsel juga mendapatkan penghargaan tersebut. Harus itu,  dan ini amanah Undang-Undang,” pungkasnya. #ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here