Seberang Ulu Daerah Rawan Kebakaran

147
Kebakaran di Lorong Rawamangun Kelurahan Silaberanti SU I Palembang beberapa waktu lalu. (Foto: Tribunsumsel)

Palembang, Sumselsatu.com – Empat wilayah di daerah Seberang Ulu termasuk dalam daerah rawan kebakaran di Palembang. Daerah tersebut adalah Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Plaju dan Kertapati.

“Ada tujuh wilayah di Palembang yang rawan kebakaran, yakni Kertapati, Plaju, Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Ilir Barat II, Ilir Timur I, dan Ilir Timur II,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Palembang Edison mengatakan, usai Sosialisasi Pencegahan Kebakaran kepada tokoh masyarakat, RTdan RW, Rabu (9/8/2017).

Menurutnya, ada banyak penyebab kebakaran di Palembang, seperti musim kemarau dan daerah rawan penduduk. Selain itu, ada juga faktor kelalaian dan korsleting listrik.

“Ya, banyak faktor penyebab seperti daerah yang padat penduduk. Ada juga faktor kelalaian manusia seperti lupa mematikan kompor. Kemudian karena korsleting listrik dan arus pendek akibat memasang jaringan kabel ilegal atau tanpa izin pihak PLN,” jelas dia.

“Makanya perlu pemahaman dari masyarakat untuk menghindari musibah kebakaran, apalagi jumlah kebakaran terus mengalami peningkatan,” tambahnya.

Ditambahkannya, DPKPB juga menyediakan tujuh post pemadam kebakaran yang tersebar di beberapa lokasi seperti Seberang Ulu I dan Seberang Ulu II, Jalan Merdeka, Benteng Kuto Besak (BKB), Alang Lebar (AAL), Sako dan Gandus. Serta ada penambahan satu pos di Jalan R Sukamto, Kecamatan Kemuning yang akan selesai sebelum Asian Games.

“Pos ini berfungsi untuk meminimalkan dampak kebakaran. Jika terjadi informasi kebakaran mereka sudah tiba di lokasi dalam waktu 15 menit. Selanjutnya kami juga berencana menambah tiga pos lagi di Jakabaring, Ilir Timur II dan Ilir Barat I,” pungkasnya. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here